Kompas.com - 01/11/2021, 07:43 WIB

KOMPAS.com – Orang yang menangis kerap disebut sebagai pribadi yang lemah, mudah tersinggung, dan tidak mampu menghadapi suatu masalah.

Tak ayal, saat menangis, banyak orang memilih menyembunyikan ekspresi kesedihannya agar tidak dipandang negatif oleh orang-orang di sekitarnya.

Padahal, stigma yang demikian tidak selalu benar. Beberapa ilmuwan yang melakukan studi terhadap menangis, justru mendapati hal yang berbeda.

Mereka mengatakan bahwa menangis dapat menjadi katarsis karena saat seseorang menarik napas secara dalam dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf parasimpatis.

Adapun, katarsis adalah usaha melepaskan emosi di batin seseorang. Dalam psikologi, katarsis dimaknai sebagai langkah meluapkan emosi secara positif, supaya orang yang menangis merasa lega dan melakukan rutinitas dengan perasaan yang baik.

Baca juga: 9 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Secara khusus, Philip Gable, Ph.D., seorang profesor Universitas Delaware, AS yang berfokus pada dampak emosi terhadap pikiran mengatakan bahwa menangis tidak jauh berbeda dengan ekspresi emosional lainnya.

“Tidak ada pusat kesedihan di otak,” kata Gable. “Jadi, ketika kita memiliki pengalaman emosional, maka sebagian besar area di otak menjadi aktif,” tambahnya.

Oleh sebab itu, tak perlu terkejut jika seseorang dapat menangis dan tertawa dalam waktu yang bersamaan. Sebabnya, emosi yang memenuhi otak seseorang perlu diekspresikan.

Bila dilihat secara lebih detail, perempuan tampaknya lebih mudah meluapkan ekspresi kesedihannya dengan menangis.

Alasannya, perempuan tidak memiliki banyak hormon testosteron seperti laki-laki. Saat menangis, hormon testosteron pada laki-laki dapat menghambat seseorang untuk menangis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
FEEL GOOD
Ruminasi
Ruminasi
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.