Kompas.com - 01/11/2021, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Melakukan aktivitas fisik sangat penting bagi kesehatan kucing peliharaan kita secara keseluruhan.

Bergerak, terutama dengan jenis yang menggunakan keterampilan berburu, dapat menurunkan berat badan dan membantu kucing mengeluarkan energi ekstra.

Waktu bermain yang melibatkan aktivitas fisik juga sangat penting untuk kesehatan mental kucing karena dapat membantu menghentikan depresi dan kebosanan.

Dengan sedikit bantuan, kucing peliharaan kita dapat tetap sehat dan aktif, serta dapat bersenang-senang dan terhindar dari rasa stres.

Baca juga: 8 Hal yang Membuat Kucing Peliharaan Kesal dan Terganggu

Berikut ini terdapat beberapa tips membuat kucing peliharaan kita lebih aktif untuk bergerak.

• Mengajak kucing bermain

Melakukan aktivitas fisik tidak selalu harus berolahraga. Mengajak kucing peliharaan kita bermain selama 10-15 menit setiap hari adalah bentuk dari aktivitas fisik.

Apabila kucing tidak menikmati bermain, biasanya kucing akan memberi tahu dan kita bisa memulai hal lain yang lebih menyenangkan atau mengubah permainan yang tidak membosankan.

• Memberikan beberapa mainan baru

Kita mungkin sudah tahu bahwa kucing menyukai bulu dan benang. Tetapi kita juga bisa memerhatikan kucing saat bermain untuk mengetahui jenis objek apa yang paling disukai.

Cobalah mainan berbentuk burung, lalu mainan yang terlihat seperti tikus, dan mainan lainnya yang menyerupai serangga.

Mainan yang paling kucing peliharaan kita sukai dapat membantu kita menentukan jenis mainan yang akan dibeli di masa mendatang dan aktivitas fisik seperti apa yang bisa dilakukan bersama.

Baca juga: 6 Makanan Manusia yang Aman Dikonsumsi Kucing, Apa Saja?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.