Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Indoor yang Tak Butuh Banyak Sinar Matahari

Kompas.com - 01/11/2021, 17:52 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merawat tanaman hias tentunya memerlukan perhatian yang baik seperti tingkat kelembapan, paparan sinar matahari, dan sebagainya.

Memang, tidak semua rumah memiliki pencahayaan yang baik dari sinar matahari, yang mungkin dapat membuat kita kesulitan untuk merawat tanaman hias di dalam rumah (indoor).

Namun, jangan khawatir. Sebab, saat ini kita bisa menemukan banyak tanaman hias cantik yang tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari untuk dapat bertahan hidup di dalam rumah.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bikin Kamar Tidur Terasa Lebih Menenangkan

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, penanam profesional dari Weatherlow Florals, Phoebe Poole, membagikan beberapa pilihan tanaman dengan cahaya rendah untuk ruangan yang kekurangan sinar matahari sebagai berikut.

1. Snake plant

Snake plant tetap bisa tumbuh dengan baik meski tidak mendapatkan pencahayaan secara langsung dari sinar matahari.

Daun runcingnya yang keren dan modern, dengan warna yang beraneka ragam akan semakin terlihat cantik jika ditempatkan di pot kecil atau pot besar.

"Siram ketika lapisan atas tanah benar-benar kering, yang biasanya memakan waktu sekitar dua hingga tiga minggu," jelas Poole.

2. Spider plant

Kita mungkin pernah melihat daun beraneka ragam, yakni hijau atau hijau-putih dari tanaman gantung dengan cahaya rendah di dalam ruangan.

"Tanaman laba-laba (spider plant) tumbuh seperti rumput liar jika kita terus memangkasnya dan simpan piring di bawah pot dengan drainase untuk menghindari tanaman membusuk," kata dia.

Baca juga: Tips Mengembalikan Kesegaran Tanaman Lidah Buaya yang Layu

Poole juga menyarankan agar kita lebih baik memotong daun atau sulur yang sekarat karena tanaman akan memberikan lebih banyak energi untuk pertumbuhan baru daripada mencoba menjaga daun itu tetap hidup.

3. Pothos

Golden pothos atau devil's dapat menjadi tanaman penyejuk ruangan yang ideal. Golden pothos atau devil's dapat menjadi tanaman penyejuk ruangan yang ideal.
Terlalu berlebihan dalam merawat pothos sebenarnya bisa membunuhnya. Terlebih, jika tanaman ini mendapatkan terlalu banyak sinar matahari.

"Pothos bisa menjadi sedikit kelaparan, jadi biarkan tanaman ini benar-benar kering di antara penyiraman," kata Poole.

Untuk memeriksanya, tempelkan jari ke tanah guna mengetahui apakah tanaman sudah kering atau angkat pot untuk melihat seberapa beratnya.

Jika pothos perlu dipangkas, kita dapat membuat tanaman kecil baru dengan menempatkan potongannya dalam secangkir air di ambang jendela sampai akar baru mulai tumbuh.

4. Maidenhair Fern

Salah satu hal yang sulit dari merawat Maidenhair Fern atau pakis adalah tanaman ini tidak boleh terlalu banyak atau kekurangan air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com