Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2021, 07:47 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com – Mandi uap alias sauna dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan mental, termasuk menenangkan, serta membantu menjaga kesehatan jantung.

Orang-orang di berbagai belahan dunia pun menggunakan sauna dengan tujuan berbeda. Di Finlandia misalnya, sauna dapat menjadi ajang agar rekan kerja saling mengenal satu sama lain.

Masuk ke dalam sauna juga rupanya tak melulu harus dilakukan dengan “meninggalkan” rumah. Ada beberapa sauna yang bisa digunakan dalam rumah.

Lebih menariknya lagi, nyatanya kita tak perlu telanjang untuk menikmati sesi sauna.

"Saya bahkan merekomendasikan berpakaian lengkap saat melakukan sauna untuk memungkinkan pakaian menyerap keringat," kata Melanie Keller, N.D., seorang dokter naturopati.

"Kita bisa melepas pakaian tepat sebelum mengering," tambahnya.

Baca juga: Hailey Bieber Gunakan Bikini Merah sambil Berpose di Ruang Sauna

Nah, sebelum memulai sauna sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Menurut Samantha McKinney, R.D., ahli diet terdaftar di Life Time, sebuah perusahaan kebugaran nasional, sebaiknya mulailah melakukan sauna selama beberapa kali seminggu selama sekitar tiga bulan.

“Anda dapat mulai dengan sekitar 10 atau 15 menit setiap kali, dan kemudian dapat meningkatkan durasi sesinya berdasarkan tingkat kenyamanan Anda,” tambahnya.

JIka sudah siap, mungkin kita akan mendapatkan enam manfaat berikut ini.

Membantu menjaga massa otot

Tidak hanya dapat menjernihkan pikiran, menggunakan sauna juga berpotensi membantu kita lebih bugar. Bahkan, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa penggunaan sauna dapat membantu menjaga massa otot, serta membantu mencegah peradangan.

Baca juga: 8 Manfaat Sabun Sereh untuk Kulit, Bikin Rileks Hingga Atasi Jerawat

Meningkatkan kesehatan jantung

Sauna juga dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular karena dapat menurunkan detak jantung istirahat kita dari waktu ke waktu.

Waktu di sauna tidak persis sama dengan sesi workout di gym. Pasalnya, kita tidak benar-benar menggunakan otot seperti sedang berolahraga, jadi, sauna belum tentu memberi manfaat kebugaran jika dilakukan tanpa olahraga.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com