Kompas.com - 02/11/2021, 07:47 WIB

KOMPAS.com – Mandi uap alias sauna dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan mental, termasuk menenangkan, serta membantu menjaga kesehatan jantung.

Orang-orang di berbagai belahan dunia pun menggunakan sauna dengan tujuan berbeda. Di Finlandia misalnya, sauna dapat menjadi ajang agar rekan kerja saling mengenal satu sama lain.

Masuk ke dalam sauna juga rupanya tak melulu harus dilakukan dengan “meninggalkan” rumah. Ada beberapa sauna yang bisa digunakan dalam rumah.

Lebih menariknya lagi, nyatanya kita tak perlu telanjang untuk menikmati sesi sauna.

"Saya bahkan merekomendasikan berpakaian lengkap saat melakukan sauna untuk memungkinkan pakaian menyerap keringat," kata Melanie Keller, N.D., seorang dokter naturopati.

"Kita bisa melepas pakaian tepat sebelum mengering," tambahnya.

Baca juga: Hailey Bieber Gunakan Bikini Merah sambil Berpose di Ruang Sauna

Nah, sebelum memulai sauna sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Menurut Samantha McKinney, R.D., ahli diet terdaftar di Life Time, sebuah perusahaan kebugaran nasional, sebaiknya mulailah melakukan sauna selama beberapa kali seminggu selama sekitar tiga bulan.

“Anda dapat mulai dengan sekitar 10 atau 15 menit setiap kali, dan kemudian dapat meningkatkan durasi sesinya berdasarkan tingkat kenyamanan Anda,” tambahnya.

JIka sudah siap, mungkin kita akan mendapatkan enam manfaat berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.