Kompas.com - 02/11/2021, 11:19 WIB

KOMPAS.com – Menjaga kesehatan usus memang penting. Berbagai studi ilmiah menyebutkan bahwa kadar mikrobioma seimbang dalam usus dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Bahkan, mikrobioma usus yang sehat juga diyakini dapat membantu kita melawan diabetes.

Colleen Cutcliffe, PhD, ahli biologi yang berkonsentrasi pada penelitian biokimia dan metabolisme, serta CEO Pendulum Therapeutics, mengungkapkan ada penelitian yang menyoroti pentingnya mikrobioma usus dalam mencegah diabetes.

Cutcliffe berpendapat bahwa makanan kaya serat sangat baik untuk kesehatan usus karena dapat memperlambat penyerapan gula yang menghasilkan lonjakan gula darah setelah makan  lebih rendah.

Serat juga bisa menjadi makanan bagi Akkermansia muciniphilia, strain mikrobioma usus.

Karena itu, Cutcliffe merekomendasikan kita memakan makanan berserat tinggi agar menjaga kesehatan usus dan mencegah diabetes. Nah, berikut makanan yang ia rekomendasikan.

Baca juga: Jenis-jenis Diet Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Usus, Apa Saja?

Apel

Apel menempati urutan pertama dalam daftar makanan berserat tinggi dan ramah usus dari ahli biokimia ini. Tidak mengherankan, sebab satu buah apel memiliki kandungan serat sekitar 4.4 gram. Selain itu, apel memiliki pektin yang bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Barley

Makanan yang sering dimasukkan ke dalam sup ini mengandung cukup banyak serat. Karena itu, barley sangat cocok untuk dikonsumsi kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.