Kompas.com - 02/11/2021, 11:57 WIB
Ilustrasi anjing makan buah Unsplash/Karsten WinegeartIlustrasi anjing makan buah
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anjing peliharaan merupakan salah satu hewan omnivora. Artinya, anjing membutuhkan kombinasi makanan hewani dan tumbuhan untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang.

Menurut seorang dokter hewan dan penulis di Pet MD, Ellen Malmanger, anjing dapat memakan beberapa jenis buah, namun ada buah lainnya seperti anggur dan kismis yang bisa sangat beracun untuk anjing.

"Sebenarnya makanan anjing yang berkualitas sudah bergizi lengkap. Tapi kita bisa menambahkan buah-buahan untuk camilan," terangnya.

Sebelum kita memberikan buah pada anjing, periksa dulu daftar buah-buahan mana yang aman dan pastikan untuk bertanya kepada dokter hewan jika anjing memiliki kondisi tertentu.

Misalnya, anjing yang mengalami obesitas, diabetes, batu kandung kemih, dan kondisi lainnya tidak boleh diberi makan buah tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa buah-buahan yang boleh dan baik dikonsumsi anjing peliharaan kita berikut ini.

1. Blueberry

Blueberry adalah buah yang rendah kalori dan tinggi vitamin C, serat, antioksidan, serta fitokimia (senyawa kimia dalam tanaman yang telah ditemukan untuk membantu melawan kanker pada manusia).

Blueberry juga terbukti dapat meningkatkan penglihatan pada malam hari, membantu mencegah kerusakan sel, dan membantu fungsi mental pada hewan yang menua.

Baca juga: Tips Memiilih Makanan Anjing yang Tidak Akan Membuatnya Kecewa

2. Stroberi

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PetMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.