Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Biarkan Houseplant "Istirahat" di Musim Hujan

Kompas.com - 02/11/2021, 15:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Express

KOMPAS.com - Memilih houseplant atau tanaman dalam ruangan adalah keputusan yang tepat bagi kita yang kesulitan untuk merawat tanaman-tanaman di luar ruang.

Sebab, perawatan houseplant relatif lebih mudah, namun tetap dapat menghiasi ruangan di dalam rumah, dan menjadikannya lebih berwarna.

Kendati demikian, ada juga houseplant yang membutuhkan perawatan yang ekstensif dan spesifik dengan lebih banyak cahaya, pembersihan, serta proses penyiraman yang benar.

Ahli berkebun untuk Fantastic Gardeners, Pol Bishop mengatakan, sangat penting untuk membiarkan houseplant beristirahat selama bulan-bulan di musim hujan.

Baca juga: 6 Tanaman Indoor yang Tak Butuh Banyak Sinar Matahari

"Jika kita memberi makan dan menyirami tanaman sebanyak yang kita lakukan di musim panas, ini akan menyebabkan pertumbuhan yang lemah," kata dia.

"Seperti yang kita semua tahu, bulan-bulan musim hujan memiliki hari yang lebih pendek dan lebih sedikit sinar matahari, itulah mengapa penting untuk memaksimalkan jumlah cahaya," sambung dia.

Pol juga menyarankan untuk memindahkan houseplant ke konservatori atau teras yang cerah, sehingga bisa mendapatkan sinar matahari dari berbagai arah.

"Jika itu bukan pilihan, pindahkan houseplant ke ambang jendela yang menghadap ke selatan atau barat."

"Saya juga merekomendasikan pembersihan jendela di dalam dan luar untuk memaksimalkan paparan cahaya bagi tanaman kita," kata dia.

Mencegah hama dan debu

Selain sinar matahari, rumah yang nyaman dan sempurna bagi houseplant harus terbebas dari hama seperti kutu putih, kutu daun, dan serangga lainnya.

"Jadi, periksalah houseplant dengan hati-hati, lihat di bawah daun dan bagian atas tanaman secara teratur, untuk menghindari masuknya hama baru dan singkirkan apa pun yang kita temukan," ujar dia.

Saat memeriksa daun, penting juga untuk membersihkannya dengan cepat karena houseplant sering mengumpulkan banyak debu, terutama tanaman seperti snake plant.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Indoor yang Bisa Tumbuh Tinggi

Bersihkan debu dengan menggunakan kain lembap, atau kita bisa menyiramnya dengan air hangat selama kurang lebih lima menit.

Menurut Pol, houseplant perlu tetap hangat sepanjang musim hujan, meskipun tidak harus terlalu dekat dengan sumber cahaya matahari langsung.

"Kebanyakan tanaman membutuhkan suhu 12-18 derajat celsius dan tidak menyukai perubahan suhu yang besar," kata dia.

Halaman:
Sumber Express
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com