Kompas.com - 02/11/2021, 17:39 WIB

KOMPAS.com - Membuat komitmen untuk menjalin suatu hubungan adalah keputusan besar dalam hidup.

Jika kita ingin berkomitmen dengan seseorang, ada kalanya datang pula rasa takut. 

Ketakutan atau kekhawatiran itu merupakan hal yang wajar, karena kita merasa bertanggung jawab terhadap hubungan tersebut nantinya.

Nah, ketika seseorang dengan mudahnya menjalin hubungan tanpa ada rasa khawatir, bisa jadi itu artinya orang tersebut tak berkomitmen serius.

Baca juga: Membangun Hubungan dengan Rekan Kerja ketika WFH

Apabila tidak ada rasa tanggung jawab dan kurangnya komitmen dalam hubungan, maka hubungan romantis akan dipandang sebagai sesuatu yang bisa ditinggalkan kapan saja.

Sederhananya, jika kita sama sekali tak mempunyai komitmen, secara sadar atau tidak, kita merasa tak perlu khawatir bagaimana hubungan itu aan berjalan. Sebab, sesungguhnya kita tidak mempertaruhkan hati di sana.

Sekarang, mari coba melihat apakah tanda-tanda ketakutan atau fobia untuk berkomitmen dalam hubungan ada pada diri kita.

1. Tanyakan pada diri sendiri mengenai ketakutan berkomitmen

Pada dasarnya fobia merupakan ketakutan berlebihan atau tidak logis terhadap sesuatu.

Fobia termasuk dalam bentuk kecemasan yang bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari individu, baik hubungan, pekerjaan, maupun situasi sosial.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.