Kompas.com - 03/11/2021, 09:31 WIB
Flu dapat diredakan dengan sejumlah bahkan makanan, dan juga dapat diperparah oleh makanan pula. ShutterstockFlu dapat diredakan dengan sejumlah bahkan makanan, dan juga dapat diperparah oleh makanan pula.

KOMPAS.com – Meski dianggap tak berbahaya, faktanya gejala flu akan membuat tubuh tak nyaman, seperti lemas, demam, atau hidung yang tersumbat. Aktivitas pun bisa terganggu karena kita harus beristirahat di tempat tidur.

Nah jika gejala terssebut sudah muncul, ada baiknya kita langsung menanganinya agar flu tak semakin parah.

Berikut 10 cara meredakan gejala flu yang bisa kita coba.

Tetaplah di rumah dan banyak istirahat

Setelah gejala muncul, istirahatlah di rumah dan jangan bertemu banyak orang untuk mengurangi risiko penularan. Terlebih gejalanya bisa mirip dengan Covid 19.

Manfaatkan waktu senggang itu dan berikan tubuh istirahat yang sangat dibutuhkan. Berbaringlah di sofa dan luangkan waktu untuk membaca, menonton DVD, atau sekadar tidur siang sembari membantu tubuh melawan virus.

Baca juga: Gejala Flu dan Covid-19 Hampir Sama, Ini Cara Membedakannya

Minum banyak cairan

Pastikan diri mendapatkan lebih banyak cairan. Tidak harus air, minuman seperti jus buah, sports drink, dan sup berbahan dasar kaldu (seperti sup mi ayam) juga bisa dimanfaatkan.
Cairan itu akan menjaga sistem pernapasan agar terhidrasi dan membantu mengubah lender dan dahak yang kental menjadi cairan tipis yang bisa kita keluarkan. Ini sangat baik, sebab, jika menumpuk di paru-paru dahak bisa menyebabkan infeksi.

Mengobati sakit dan demam

Demam saat flu terjadi akibat tubuh berusaha melawan virus flu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.