Kompas.com - 03/11/2021, 13:21 WIB

KOMPAS.com – Meluangkan waktu untuk tidur siang bisa menjadi cara untuk menyegarkan pikiran dan membuat kita produktif di tengah padatnya aktivitas. 

Durasi tidur siang yang disarankan adalah yang singkat, sekitar 10-20 menit untuk orang dewasa. Meski begitu, ternyata tidur siang yang lebih panjang, yaitu 90 menit, memiliki manfaat tersendiri, khususnya pada orang yang sedang menjalani terapi motorik pasca-cedera.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal JNeurosci, para peneliti dari Northwestern University menemukan bahwa tidur siang selama 90 menit membuat kita mampu memahami aktivitas motorik baru lebih baik karena adanya peningkatan fokus.

Para peneliti mengungkap temuan ini dengan melakukan eksperimen yang menugaskan para peserta untuk mencoba aktivitas motorik yang sulit, seperti memainkan game dalam komputer dan menggerakan kursor dengan otot lengan tertentu. Tugas itu dilakukan dalam dua kondisi, yaitu dengan dan tanpa tidur.

Baca juga: Tidur Siang Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Tubuh Kita, Apa Saja?

Para peneliti menguji para partisipan dengan meminta mereka untuk menggerakkan kursor ke arah tertentu menggunakan perintah suara. Setelah berlatih melakukannya, para sukarelawan pun memainkan game dengan mata tertutup.

Hasilnya, ditemukan bahwa tugas tersebut dikerjakan lebih baik oleh mereka yang diminta untuk tidur siang selama 90 menit di awal penelitian.

Larry Cheng, lulusan PhD dari Northwestern University, mencatat bahwa temuan ini dapat meningkatkan terapi rehabilitasi bagi pasien yang pernah mengalami stroke atau memiliki kondisi neurologis lainnya.

Cheng dan tim penelitinya juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa temuan itu mendukung kesimpulan bahwa komponen keterampilan motorik berbasis eksekusi dapat diaktifkan kembali saat tidur, menghasilkan peningkatan kinerja setelah bangun.

Selain itu, penemuan-penemuan ini mungkin membantu mengungkap lebih banyak tentang bagaimana otak kita bekerja pasca-cedera.

 

Baca juga: 4 Manfaat Tidur Siang Selama 20 Menit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.