Kompas.com - 03/11/2021, 13:51 WIB
Perut kembung adalah kondisi tidak nyaman yang membuat perut kita terasa penuh. FREEPIK/GONCALO COSTAPerut kembung adalah kondisi tidak nyaman yang membuat perut kita terasa penuh.

KOMPAS.com – Saat mengalami kembung, perut rasanya tidak nyaman dan seperti dimasuki sebuah balon besar. Terkadang, rasa tidak nyaman ini sampai mengganggu.

Rasa kembung yang terjadi pada perut itu kemungkinan besar diakibatkan oleh gas internal yang menumpuk di sistem pencernaan kita karena sembelit.

Namun tenang saja, rasa tidak nyaman akibat perut kembung itu bisa dihilangkan dengan mengonsumsi air yang cukup serta beberapa makanan kaya serat yang ada di dapur kita.

Sebab, serat membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan kecepatan yang tepat.

Hal ini penting, karena jika prosesnya terlalu lambat, kotoran akan mengeras dan akan mengalami sembelit, sementara jika terlalu cepat, akan terjadi diare.

Baca juga: Lakukan Ini Jika Perut Sering Kembung

Nah, ada dua jenis serat yang berperan dalam hal ini, yaitu serat larut yang membentuk gel bergetah di saluran pencernaan dan memperlambat makanan bergerak melalui sistem, membantu membuat kotoran sedikit lebih padat.

Lalu, ada juga serat tidak larut yang menahan air untuk membuat tinja lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan.

Sementara itu, air akan bekerja bersama dengan serat untuk menjaga sistem pencernaan agar berjalan dengan baik.

Menjaga tubuh terhidrasi pun akan menyediakan air yang melunakkan tinja. “Jika tinja kering dan keras, akan lebih sulit untuk dikeluarkan,” kata ahli diet terdaftar Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD.

Untuk mengetahui berbagai makanan kaya serat dan baik untuk pencernaan yang dapat mengatasi perut kembung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.