Kompas.com - 04/11/2021, 07:50 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang tentu memiliki tujuan dan cita-cita tertentu dalam hidup mereka. Terkadang, cita-cita itu mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh tahapan tertentu dalam hidup, salah satunya setelah punya anak. 

Hal tersebut banyak ditemui pada perempuan. Setelah menjadi ibu, mereka cenderung tidak memiliki tujuan yang berhubungan dengan status kehidupan dibandingkan perempuan yang belum memiliki anak.

Temuan itu diungkap dalam studi yang dimuat dalam European Journal of Personality.  Tim peneliti berusaha mencari tahu bagaimana tujuan hidup seseorang berubah ketika menjadi orangtua. Tim peneliti melibatkan 248 orangtua dan 294 non orangtua.

Para peserta dinilai pada periode waktu yang berbeda dalam hidup mereka. Dari situ, peneliti melihat data dari penilaian pertama yang diambil enam minggu sebelum seorang wanita melahirkan. Penilaian kedua diambil satu tahun setelah anak itu lahir.

Baca juga: Ibu Bekerja di Indonesia Paling Aktif Cari Pekerjaan “Freelance”

Seluruh peserta diminta untuk mengisi kuesioner berisi pertanyaan tentang tujuan hidup mereka.

Hasilnya, tujuan hidup ibu untuk melakukan sesuatu yang menantang atau petualangan cenderung menurun.

Mereka yang sudah menjadi ibu enggan mengambil risiko seperti saat mereka belum memiliki anak, dan lebih bertujuan untuk melakukan sesuatu yang menetap ketimbang mencari petualangan.

Satu hal yang menarik dari penemuan para peneliti, tujuan hidup seorang ayah tidak berbeda dibandingkan saat mereka masih melajang.

Temuan ini menunjukkan ibu memiliki kebutuhan lebih tinggi untuk menyesuaikan tujuan hidup ketika mereka memiliki anak.

Kemungkinan besar, penyesuaian tujuan hidup tersebut dilandasi fakta bahwa sebagian besar pengasuhan anak dilakukan oleh wanita.

Baca juga: Penelitian Ungkap, Pasangan yang Tepat Tentukan Kesuksesan Karier

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.