Kompas.com - 04/11/2021, 08:17 WIB

KOMPAS.com - Meski pelanggaran data pribadi dari pengguna internet marak terjadi, ternyata masih banyak pengguna yang memiliki kebiasaan internet yang kurang aman. Menurut survei Google, angkanya mencapai 92 persen dari total responden.

Survei yang dilakukan atas permintaan Google oleh agensi riset pasar YouGov itu melibatkan lebih dari 13.000 responden di 11 pasar Asia untuk untuk mempelajari kebiasaan digital yang kurang aman dan membantu meningkatkan perhatian pengguna internet untuk lebih berhati-hati, terutama menjelang hari belanja tahunan 11.11.

Sebab, pada periode ini, aktivitas berbelanja online dapat meningkat hingga 20 persen, sehingga lebih banyak orang rentan terkena penipuan.

Baca juga: 4 Tips Mencegah Anak Terpapar Konten Dewasa di Internet

Kebiasaan internet yang kurang aman

Menurut penelitian tanggung jawab digital tersebut, setidaknya ada tiga kebiasaan online yang kurang aman dan masih banyak dilakukan oleh para pengguna internet, di antaranya:

1. Menggunakan sandi yang sama untuk berbagai layanan

Sebanyak 79 persen responden di Indonesia menggunakan sandi yang sama untuk beberapa situs, dengan dua dari lima orang mengaku melakukannya untuk hingga 10 situs berbeda.Unsplash/Firmbee Sebanyak 79 persen responden di Indonesia menggunakan sandi yang sama untuk beberapa situs, dengan dua dari lima orang mengaku melakukannya untuk hingga 10 situs berbeda.

Aktivitas online terus bertumbuh pesat. Rata-rata pengguna internet saat ini memiliki 25 persen sandi lebih banyak daripada sebelum pandemi, dengan jumlah rata-rata sekitar 80 sandi. Ini jumlah yang banyak untuk diingat.

Penelitian Google mendapati sebanyak 79 persen responden di Indonesia menggunakan sandi yang sama untuk beberapa situs, dengan dua dari lima orang mengaku melakukannya untuk hingga 10 situs berbeda.

Di antaranya, 40 persen responden mengatakan bertindak demikian karena khawatir tidak bisa mengingat sandi, sementara 30 persen di antaranya beralasan demi kemudahan.

Baca juga: Sering Lupa User ID dan Password? Ternyata Ini Penyebabnya...

2. Membuat sandi yang mudah ditebak

Kebiasaan online yang kurang aman lainnya adalah menggunakan sandi yang mudah ditebak dengan memadukan hal-hal yang paling gampang diretas.SHUTTERSTOCK Kebiasaan online yang kurang aman lainnya adalah menggunakan sandi yang mudah ditebak dengan memadukan hal-hal yang paling gampang diretas.
Kebiasaan online yang kurang aman lainnya adalah menggunakan sandi yang mudah ditebak dengan memadukan hal-hal yang paling gampang diretas.

Ini mulai dari tanggal penting, nama pasangan, nama hewan peliharaan, hingga kode pos.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.