Kompas.com - 04/11/2021, 08:27 WIB

KOMPAS.com -  Selain memastikan tumbuh kembang dan kesehatan anak, jenis makanan yang dikonsumsi anak dapat berdampak langsung terhadap kesehatan mentalnya.

Studi terbaru menunjukkan bahwa anak yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Studi yang dilakukan para peneliti di University of East Anglia itu adalah studi pertama yang menggali kaitan antara asupan buah-buahan dan sayuran, pilihan menu sarapan dan makan siang, dengan kesehatan mental.

Hasil studi menemukan, anak-anak yang mengonsumsi lima atau lebih porsi buah-buahan dan sayuran per hari mendapatkan skor tertinggi dalam kesejahteraan mental.

Baca juga: Teh Manis dan 7 Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Terlalu Sering

Itu sebabnya orangtua perlu menyediakan makanan bernutrisi di rumah.

Menurut tim peneliti studi yang dipimpin Ailsa Welch, kesehatan mental di masa muda adalah masalah yang serius dan semakin banyak orang mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Tim peneliti berusaha menggali lebih jauh terkait manfaat nutrisi bagi kesehatan mental dengan menganalisis data dari 9.000 siswa di 50 sekolah yang berbeda.

Anak-anak diminta melaporkan pilihan makanan mereka saat sarapan dan makan siang. Kemudian, mereka juga ikut dalam tes kesehatan mental sesuai usia.

Temuan peneliti mengungkap, hanya sedikit anak-anak yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran sehari. Namun anak-anak tersebut mendapat skor tertinggi pada tes kesejahteraan mental.


Baca juga: Orangtua Perlu Tanggap Kenali Ciri Anak Stres Selama Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.