Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Makanan Berpengaruh pada Kesehatan Mental Anak

Kompas.com - 04/11/2021, 08:27 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com -  Selain memastikan tumbuh kembang dan kesehatan anak, jenis makanan yang dikonsumsi anak dapat berdampak langsung terhadap kesehatan mentalnya.

Studi terbaru menunjukkan bahwa anak yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Studi yang dilakukan para peneliti di University of East Anglia itu adalah studi pertama yang menggali kaitan antara asupan buah-buahan dan sayuran, pilihan menu sarapan dan makan siang, dengan kesehatan mental.

Hasil studi menemukan, anak-anak yang mengonsumsi lima atau lebih porsi buah-buahan dan sayuran per hari mendapatkan skor tertinggi dalam kesejahteraan mental.

Baca juga: Teh Manis dan 7 Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Terlalu Sering

Itu sebabnya orangtua perlu menyediakan makanan bernutrisi di rumah.

Menurut tim peneliti studi yang dipimpin Ailsa Welch, kesehatan mental di masa muda adalah masalah yang serius dan semakin banyak orang mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Tim peneliti berusaha menggali lebih jauh terkait manfaat nutrisi bagi kesehatan mental dengan menganalisis data dari 9.000 siswa di 50 sekolah yang berbeda.

Anak-anak diminta melaporkan pilihan makanan mereka saat sarapan dan makan siang. Kemudian, mereka juga ikut dalam tes kesehatan mental sesuai usia.

Temuan peneliti mengungkap, hanya sedikit anak-anak yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran sehari. Namun anak-anak tersebut mendapat skor tertinggi pada tes kesejahteraan mental.


Baca juga: Orangtua Perlu Tanggap Kenali Ciri Anak Stres Selama Pandemi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com