Kompas.com - 04/11/2021, 08:31 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Saat mendengar kata “kolesterol” mungkin yang ada di pikiran kita adalah kolestrol yang merugikan tubuh. Padahal, sebenarnya ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol “baik” dan “jahat.”

Nah, kolesterol baik atau HDL dalam tubuh kita dapat membantu membasmi kolestrol jahat atau LDL dari aliran darah agar organ tubuh berfungsi dengan baik.

Tingkat kolesterol LDL yang tinggi dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko terhadap penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan penyumbatan arteri. Mengerikan bukan? Karena itu, kita perlu lebih banyak bergerak untuk mencegahnya.

Baca juga: Studi: Olahraga Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Olahraga dan makan makanan sehat memang dapat menghilangkan kolesterol LDL yang berbahaya dengan meningkatkan kolesterol HDL.

Sebab, turunnya berat badan yang biasanya disebabkan oleh olahraga dapat meningkatkan HDL, begitu pula jika menjauhkan diri dari makanan tinggi lemak trans.

American Heart Association juga mengatakan bahwa kolesterol tinggi disebabkan oleh dua elemen gaya hidup yang berjalan beriringan, yaitu kurang olahraga dan kelebihan berat badan.

Hal serupa juga diutarakan oleh ahli jantung Leslie Cho, MD. Menurutnya, olahraga sangat bagus bagi yang mencoba menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga: 10 Kunci Kurangi Kadar Kolesterol Jahat Tanpa Obat-obatan

 

Ia juga berpendapat bahwa menggabungkan olahraga dengan pilihan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat akan memiliki dampak yang lebih positif lagi.

Jadi, tak heran jika olahraga menjadi solusi tepat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

Untuk olahraganya sendiri, jenis olahraga aerobik yang repetitif dan dapat melatih banyak kelompok otot adalah olahraga pilihan untuk menurunkan kolestrol jahat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.