Kompas.com - 04/11/2021, 13:44 WIB
Pola makan memiliki peran terhadap kadar kolesterol seseorang, itulah mengapa penting untuk memilih makanan untuk menurunkan kolesterol demi menjaga kadar kolesterol dalam kisaran sehat. SHUTTERSTOK/MAREKULIASZPola makan memiliki peran terhadap kadar kolesterol seseorang, itulah mengapa penting untuk memilih makanan untuk menurunkan kolesterol demi menjaga kadar kolesterol dalam kisaran sehat.

KOMPAS.com – Kolesterol tinggi tentu tak boleh disepelekan karena berisiko memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung dan juga stroke.

Untuk itu, kita perlu menjaganya agar tetap normal dengan melakukan berbagai cara, baik dari cara alami maupun dengan meminum obat dan suplemen penurun kadar kolesterol.

Sayangnya, tidak semua obat dan suplemen penurun kolesterol baik untuk semua orang.

Mereka yang menderita penyakit arteri koroner atau penyakit arteri karotis -misalnya, tak cocok mengonsumsi obat-obatan semacam ini.

Baca juga: 4 Olahraga untuk Turunkan Kolesterol Jahat

Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menurunkan kadar kolesterol jahat (Low-density lipoprotein -LDL) secara alami.

Nah, ahli jantung preventif Leslie Cho, MD, membagikan beberapa cara yang terbukti dapat menurunkan kadar LDL secara alami.

1. Ubah kebiasaan makan

Cara tepat untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah mulai dengan mengganti lemak tidak sehat (jenuh) dengan lemak sehat (tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda).

“Ini berarti kita harus menjadi pembaca label makanan,” kata Dr. Cho.

“Sangat penting untuk membatasi asupan lemak jenuh. Seharusnya, tidak ada lebih dari dua gram lemak per porsi dan itu harus mencakup kurang dari tujuh persen dari asupan kalori harian,” tambah dia.

Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam minyak kelapa sawit dan minyak kelapa, atau produk hewani seperti daging sapi, daging babi, kulit ayam, hot dog, dan keju.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.