Kompas.com - 04/11/2021, 22:30 WIB

KOMPAS.com - Penting bagi para pemula untuk mengetahui cara merawat tanaman janda bolong yang baik dan benar sehingga tanaman cantik ini bisa tumbuh sehat.

Janda bolong adalah salah satu spesies Monstera. Menurut The Sill, ada dua spesies Monstera yang dapat ditanam sebagai tanaman rumah atau houseplant, yakni yakni Monstera deliciosa dan Monstera adansonii atau yang kita kenal dengan nama janda bolong.

Janda bolong berbeda dengan Monstera deliciosa karena punya daun yang lebih ramping dan panjang, serta dikelilingi bolong-bolong daun. Sedangkan bolong pada daun Monstera deliciosa pada akhirnya akan tumbuh di dekat ujung daun dan terbuka seiring tumbuhnya tanaman tersebut.

Menurut The Spruce, saat dibudidayakan sebagai tanaman hias, janda bolong biasanya ditanam dari tanaman pembibitan muda dan bisa ditanam di pot kapan saja.

Penting untuk diketahui bahwa semua bagian tanaman janda bolong beracun bagi hewan peliharaan. Jadi, berhati-hatilah jika menaruhnya di dalam ruangan atau luar ruangan tempat bermain hewan peliharaan.

Menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), seperti dikutip Apartment Therapy, memakan daun janda bolong bisa menyebabkan iritasi, mulut bengkak, liur berlebih, muntah, dan kesulitan menelan pada anjing atau kucing.

Baca juga: 6 Tanaman Indoor yang Tak Butuh Banyak Sinar Matahari

Cara merawat tanaman janda bolong

Ketika mencari tahu cara merawat tanaman janda bolong, penting untuk diketahui bahwa menyediakan air dan makanan secara teratur adalah hal utama yang perlu dilakukan.SHUTTERSTOCK/IWAND Ketika mencari tahu cara merawat tanaman janda bolong, penting untuk diketahui bahwa menyediakan air dan makanan secara teratur adalah hal utama yang perlu dilakukan.
Tanaman janda bolong sangat mudah dirawat. Tanaman ini memiliki akar udara yang tumbuh dari batang ke bawah, yang menahan tanah atau penyangga yang tersedia.

Di alam liar, janda bolong akan menggunakan akar-akar ini untuk mendorong tubuh tanaman ke pohon yang berdekatan. Jika menanamnya sebagai tanaman hias, kita bisa mensimulasikannya dengan memasukkan pasak di tengah pot.

Ketika mencari tahu cara merawat tanaman janda bolong, penting untuk diketahui bahwa menyediakan air dan makanan secara teratur adalah hal utama yang perlu dilakukan.

Kita juga mungkin perlu memangkasnya secara berkala untuk menjaga tanaman pada ukuran yang kita inginkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.