Kompas.com - 05/11/2021, 06:59 WIB
Ilustrasi bermain media sosial. Dok. ShutterstockIlustrasi bermain media sosial.

KOMPAS.com - Sebagian besar anak-anak dan remaja saat ini memiliki akses ke ponsel pintar, termasuk media sosial. Itu sebabnya anak tetap membutuhkan pengawasan dan perlindungan orangtua.

Berbagai penelitian menunjukkan, di dunia maya pun anak dan remaja tak imun terhadap kekerasan, perundungan, ataupun pengaruh negatif.

Studi terbaru terhadap pengaruh media sosial (medsos) pada anak menunjukkan, anak dan remaja berisiko terlibat dalam perilaku negatif di dunia digital.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Computers in Human Behavior itu membandingkan remaja yang menggunakan medsos sebelum mereka berusia 11 tahun, dan mereka yang bergabung di medsos setelah melewati usia 11 tahun.

Baca juga: Lahir di Era Digital, Ini Perbedaan Kebiasaan Gen Z dan Milenial Saat Terkoneksi Secara Digital

Hasilnya, anak yang aktif di media sosial pada usia lebih muda cenderung tidak simpatik terhadap perilaku online, lebih mungkin untuk terlibat dalam pelecehan online, dan menjadi korban pelecehan seksual.

Kemudian, peneliti menemukan kaitan antara kelompok remaja di bawah 11 tahun dan tingkat perilaku digital negatif.

Juga, terungkap bahwa pembatasan yang dilakukan orangtua terhadap penggunaan ponsel dan medsos dapat mengurangi risiko perilaku negatif digital pada anak.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya orangtua dalam memperhatikan apa yang dilakukan anak di dunia digital, serta pentingnya menetapkan batasan penggunaan medsos jika anak belum berusia 11 tahun.

Kendati rata-rata situs medsos hanya mengizinkan pengguna di atas 13 tahun, anak tetap dapat mengakses dengan memalsukan tanggal ulang tahun.

Kabar baiknya, peneliti mengatakan bahwa keterlibatan anak di medsos secara umum terbilang positif.

Baca juga: Mengapa Instagram Berbahaya bagi Kesehatan Mental Remaja Perempuan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.