Kompas.com - 05/11/2021, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Anjing merupakan salah satu hewan yang sifatnya tidak jauh berbeda dengan manusia karena sama-sama butuh merasakan cinta dan ingin dicintai.

Hal tersebut pun diungkapkan melalui sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan dalam jurnal Science.

Penelitian ini menemukan bahwa anjing peliharaan mengalami ledakan oksitosin yang sama — hormon yang bertanggung jawab untuk cinta dan ikatan — ketika anjing tersebut menatap mata pemiliknya.

Baca juga: Bolehkah Anjing Makan Tomat? Ini Penjelasannya

Penelitian ini melibatkan pemilik 30 anjing, di antaranya termasuk anjing golden dan labrador retriever, schnauzers dan dachshund mini, yang semuanya diminta untuk melihat ke dalam  mata anjing peliharaan mereka.

Alhasil, semakin lama manusia dan anjing saling menatap mata, semakin besar dorongan oksitosin yang diterima manusia dan anjing.

Oksitosin memang menjadi hormon yang terkait dengan keterikatan dan cinta, serta hormon yang bertanggung jawab untuk mengikat anak-anak dan orangtua mereka.

Untuk memastikannya, para peneliti mengamati interaksi serupa antara serigala dan pengasuh hewan profesional yang membesarkan, memberi makan, dan bermain dengan mereka.

Namun, serigala tidak membalas tatapan pengasuh hewan profesional itu dan terbukti tidak ada gelombang oksitosin.

Baca juga: Buah-buahan yang Boleh dan Baik Dikonsumsi Anjing

Ini mungkin karena serigala memandang kontak mata sebagai tindakan agresi, sedangkan anjing telah berevolusi dari waktu ke waktu untuk menunjukkan lebih banyak sifat manusia.

Jadi, tidak heran jika kebanyakan dari kita sangat gemar memiliki anjing sebagai hewan peliharaan dan sangat menyayanginya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Your Tango
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.