Kompas.com - 05/11/2021, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Cara merawat rambut kering bisa bervariasi, termasuk memilih produk rambut yang membantu melembapkan, mengubah kebiasaan merawat rambut, dan melakukan perawatan rambut kering dengan bahan-bahan alami.

Beberapa penyebab rambut kering meliputi frekuensi penggunaan alat styling yang terlalu sering, menggunakan pewarna rambut, terlalu sering keramas, terlalu sering mengenakan pengering rambut, kekurangan asupan nutrisi tertentu, dan lainnya.

Menurut MedicineNet, rambut kering akan lebih rentan kusut, rusak, dan rontok karena kehilangan kelembapannya. Untuk itu, mencari cara merawat rambut kering yang tepat bisa membantu mencegah kerusakan rambut lebih lanjut.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Rambut yang Mengembang dan Sulit Diatur

Cara merawat rambut kering secara alami

Ada beberapa cara merawat rambut kering yang mudah dipraktikkan untuk mengembalikan kelembapan rambut, di antaranya:

  • Memakai conditioner secara rutin

Menggunakan kondisioner secara rutin setelah mencuci rambut adalah bagian dari cara merawat rambut yang baik karena dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambut.SHUTTERSTOCK Menggunakan kondisioner secara rutin setelah mencuci rambut adalah bagian dari cara merawat rambut yang baik karena dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambut.
Rambut akan kehilangan kelembapan dan minyak alami setiap kali kita keramas. Untuk itu, menggunakan conditioner secara rutin setelah mencuci rambut adalah bagian dari cara merawat rambut yang baik karena dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambut. Kita bisa menggunakan conditioner bilas maupun conditioner leave-in.

Baca juga: Masih Perlukah Pakai Conditioner Setelah Keramas?

  • Menghindari styling rambut

Jika tidak bisa menghindarinya sama sekali, cobalah untuk mengurangi frekuensi styling rambut sebagai cara merawat rambut kering.UNSPLASH/ANDREA DONATO Jika tidak bisa menghindarinya sama sekali, cobalah untuk mengurangi frekuensi styling rambut sebagai cara merawat rambut kering.
Jika tidak bisa menghindarinya sama sekali, cobalah untuk mengurangi frekuensi styling rambut sebagai cara merawat rambut kering. Mengaplikasikan panas pada rambut, seperti mengeriting, meluruskan, atau mengeringkan, berpotensi menimbulkan banyak kerusakan.

Jika memungkinkan, hindari pula mencuci rambut menggunakan air panas. Mencuci rambut menggunakan air dingin dapat membantu mengunci kelembapan di batang rambut.

Baca juga: 3 Tips Styling Simpel ala Met Gala

  • Menggunakan serum rambut

Jika mencari cara merawat rambut kering, jangan lupa mengaplikasikan beberapa tetes serum rambut pada rambut yang baru dicuci ketika masih dalam kondisi lembap.FREEPIK/SVETLANASOKOLOVA Jika mencari cara merawat rambut kering, jangan lupa mengaplikasikan beberapa tetes serum rambut pada rambut yang baru dicuci ketika masih dalam kondisi lembap.

Serum rambut tak hanya melembapkan rambut, tetapi juga melindunginya dari efek kerusakan karena paparan sinar matahari, panas, dan kotoran. Jika mencari cara merawat rambut kering, jangan lupakan tips ini. Aplikasikan beberapa tetes serum rambut pada rambut yang baru dicuci ketika masih dalam kondisi lembap.

Baca juga: Pentingnya Perawatan Luar Dalam untuk Atasi Rambut Rontok

  • Pijat kulit kepala dengan minyak hangat

Pijat kulit kepala dengan minyak hangat dapat membantu sebagai cara merawat rambut kering dengan melembapkannya.PEXELS/BENNIE LUKAS BESTER Pijat kulit kepala dengan minyak hangat dapat membantu sebagai cara merawat rambut kering dengan melembapkannya.
Cara ini dapat membantu sebagai cara merawat rambut kering dengan melembapkannya. Cara ini juga membantu menstimulasi folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.