Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Aman bagi Penderita Alergi dan Membantu Membersihkan Udara

Kompas.com - 05/11/2021, 12:58 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Bustle

KOMPAS.com - Bagi kita yang memiliki alergi dengan sering bersin atau membuang ingus, tanaman dalam rumah (houseplant), khususnya yang berbunga, biasanya dapat memperburuk gejala.

Ahli imunologi dan penyakit dalam di Columbia Asthma and Allergy Clinic, Dr Sanjeev Jain, MD mengungkapkan bahwa houseplant memang memiliki kemampuan menyaring udara saat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

Tetapi, houseplant tidak dapat secara memadai menghilangkan zat seperti benzena dari udara.

Meski demikian, tidak semua tanaman dapat memparah gejala alergi. Bahkan, beberapa tanaman bisa menjadi langkah untuk membuat ruangan terasa lebih segar dan memperbaiki kondisi alergi kita.

"Memiliki houseplant juga membantu kita membuang kelebihan karbon dioksida dan meningkatkan oksigenasi di dalam ruangan," kata instruktur klinis kedokteran dan imunologi di NYU Langone, Dr Tania Elliott, MD.

Baca juga: 9 Tanaman Penghasil Oksigen yang Bikin Udara Lebih Segar

Nah, melansir dari laman Bustle, berikut ini terdapat beberapa jenis houseplant yang aman bagi penderita alergi dan membantu kita mendapatkan udara yang lebih bersih.

1. Dracaena marginata

Dracaena, tanaman hias yang membantu memebrsihkan udara di dalam ruangan1077289229 Dracaena, tanaman hias yang membantu memebrsihkan udara di dalam ruangan
Dracaena marginata adalah houseplant yang perawatannya cukup rendah dan mudah tumbuh di dalam ruangan.

Tanaman ini akan tumbuh subur dalam cahaya rendah dan kita harus membiarkannya sedikit kering sebelum disiram.

Dengan daun hijau bergaris-garis krem dan kuning, tanaman ini dapat tumbuh hingga 5 meter.

Daunnya akan berubah warna menjadi lebih terang jika tidak mendapatkan cukup cahaya, tetapi mengembangkan bintik-bintik cokelat jika terkena terlalu banyak sinar matahari.

Menurut West Coast Nurseries group, Dracaena marginata dapat membantu memurnikan udara dari bahan kimia seperti formaldehida dan benzena, serta membantu mengontrol kelembaban.

"Polusi seperti benzena dan asap dapat mengiritasi selaput lendir, serta mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk merespons yang menyebabkan gejala seperti bersin, batuk, pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan," kata Dr. Jain.

Dia juga mencatat bahwa houseplant memang baik untuk membersihkan udara di rumah, tetapi tidak bisa menghilangkan benzena secara keseluruhan.

Baca juga: Tak Hanya Indah, 16 Tanaman Ini Bisa Bersihkan Udara dari Polutan

2. Peace lily

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Bustle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com