Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 14/11/2022, 09:40 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jam tangan automatic atau otomatis ternyata masih memiliki popularitas yang cukup tinggi. Meskipun, jam tangan bertenaga baterai (quartz) kini lebih mendominasi.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (03/09/2021), model jam tangan automatic adalah jam tangan yang tidak dibekali perangkat elektronik. Seluruh komponen penggerak jam tersebut ditenagai mainspring alias per dan mesin mekanik.

Cara kerja itu membuat jam tangan automatic perlu perawatan yang lebih rumit, seperti perlu diservis setiap 3-5 tahun sekali, tidak boleh dekat dengan medan magnet, dan tidak boleh kena guncangan keras. Jam tangan quartz pun menjadi alternatif yang lebih praktis dan harganya juga lebih murah.

Namun, ada kabar baik bagi penggemar jam tangan automatic. Sebab, data penjualan platform penjualan jam tangan online Jamtangan.com selama 2020-2021 menunjukkan, setidaknya ada lebih dari 15.000 buah jam tangan automatic yang terjual. Artinya, minat masyarakat terhadap jam tangan ini masih cukup tinggi.

CEO Jamtangan.com, Paul Cahyadi menyebut ada beberapa alasan mengapa sebagian orang masih menggemari jam tangan automatic, termasuk adanya pergeseran nilai.

Kini, jam tangan automatic tak hanya diburu karena fungsinya sebagai penunjuk waktu, tetapi lebih sebagai jam tangan mewah dengan craftmanship tinggi.

"Itulah kenapa, walaupun sudah ada jam quartz, pencinta jam masih menggemari automatic karena nilai kemegahan detail dan mengapresiasi art of watchmaking,” ujarnya, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

Baca juga: 10 Jam Tangan Terbaik Omega yang Pernah Dibuat

Rekomendasi merek jam tangan automatic populer

Jika Anda pencinta jam tangan automatic, berikut rekomendasi jam tangan automatic dengan angka penjualan tertinggi selama periode Januari 2020-September 2021 di Jamtangan.com yang dapat dijadikan referensi:

1. Seiko

Jam tangan automatic Seiko Prospex SPB103J1.DOK JAMTANGAN.COM Jam tangan automatic Seiko Prospex SPB103J1.
Seiko dapat dikatakan memiliki kualitas jam tangan automatic terbaik di kelasnya. Maka tak heran jika Seiko terus menjadi buruan para pencinta jam tangan automatic, dengan penjualan tertinggi mencapai 54,36 persen.

Jam automatic Seiko juga punya ciri khas tersendiri. Seiko Prospex SPB103J1, misalnya, memadukan automatic movement Cal. 6R35 yang andal serta menyajikan figur menyerupai Rolex Submariner Hulk sehingga kerap dijuluki sebagai Seiko “Sumo Hulk”.

Baca juga: 6 Arloji Seiko Speedtimer, Hormati Warisan Masa Lalu

2. Spinnaker

Jam tangan automatic Spinnaker Vintage Dumas.DOK JAMTANGAN.COM Jam tangan automatic Spinnaker Vintage Dumas.
Jam tangan automatic Spinnaker juga menjadi salah satu yang terpopuler.

Beberapa seri automatic yang paling diburu seperti Spinnaker Vintage Bradner, Spinnaker Hull, dan Spinnaker Vintage Dumas. Ketiganya memiliki keunggulan serupa, yakni fitur diving, Japanese automatic movement, dan harga yang terbilang cukup terjangkau untuk jam tangan automatic, yakni sekitar Rp 2 jutaan.

Baca juga: 5 Koleksi Jam Tangan Mewah Conor McGregor

3. Orient

Jam tangan automatic Orient Star RE-HH0003S.DOK JAMTANGAN.COM Jam tangan automatic Orient Star RE-HH0003S.
Orient menjadi merek jam tangan automatic lainnya yang juga menjadi pilihan populer, melalui seri Orient Star.

Orient Star dinilai memiliki sisi craftsmanship tinggi dengan detailnya yang terlibat megah, seperti Orient Star RE-HH0003S yang didesain open-heart dial. Maksudnya, memiliki sebagian dial terbuka dan menampakkan mesin jam tangan.

Baca juga: Lihat, Jay-Z Koleksi Jam Tangan Cartier yang Penyok

4. Fossil

Jam tangan automatic Fossil ME3200.DOK JAMTANGAN.COM Jam tangan automatic Fossil ME3200.
Lini jam tangan fesyen dengan quartz movement Fossil mungkin lebih dikenal. Namun, rilisan jam tangan automatic dari Fossil ternyata juga banyak diburu dan masuk ke dalam daftar penjualan terbaik.

Salah satu keunggulan jam tangan automatic Fossil adalah pada desainnya yang tampak sophisticated, dengan harga yang cukup terjangkau.

Fossil ME3200, misalnya, dibekali skeleton-dial yang tampak detail dan megah, namun dipasarkan dengan harga sekitar Rp 2 jutaan.

Baca juga: Google Akuisisi Teknologi Smartwatch Fossil Senilai Rp 567 Miliar

5. Thomas Earnshaw

Jam tangan automatic Thomas Earnshaw ES-8096-04 Westminster..DOK JAMTANGAN.COM Jam tangan automatic Thomas Earnshaw ES-8096-04 Westminster..
Merek ini mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat umum, namun cukup banyak diburu di kalangan pencinta jam tangan.

Salah satu model terpopuler merek ini adalah Thomas Earnshaw ES-8096-04 Westminster. Meski dibanderol hanya sekitar Rp 2 jutaan, jam tangan ini merepresentasikan the art of watchmaking dengan skeleton dial yang cantik.

Baca juga: Tengok Deretan Jam Tangan Mewah Travis Scott

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com