Kompas.com - 05/11/2021, 16:18 WIB

KOMPAS.com - Jam tangan automatic atau otomatis ternyata masih memiliki popularitas yang cukup tinggi. Meskipun, jam tangan bertenaga baterai (quartz) kini lebih mendominasi.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (03/09/2021), model jam tangan automatic adalah jam tangan yang tidak dibekali perangkat elektronik. Seluruh komponen penggerak jam tersebut ditenagai mainspring alias per dan mesin mekanik.

Cara kerja itu membuat jam tangan automatic perlu perawatan yang lebih rumit, seperti perlu diservis setiap 3-5 tahun sekali, tidak boleh dekat dengan medan magnet, dan tidak boleh kena guncangan keras. Jam tangan quartz pun menjadi alternatif yang lebih praktis dan harganya juga lebih murah.

Namun, ada kabar baik bagi penggemar jam tangan automatic. Sebab, data penjualan platform penjualan jam tangan online Jamtangan.com selama 2020-2021 menunjukkan, setidaknya ada lebih dari 15.000 buah jam tangan automatic yang terjual. Artinya, minat masyarakat terhadap jam tangan ini masih cukup tinggi.

CEO Jamtangan.com, Paul Cahyadi menyebut ada beberapa alasan mengapa sebagian orang masih menggemari jam tangan automatic, termasuk adanya pergeseran nilai.

Kini, jam tangan automatic tak hanya diburu karena fungsinya sebagai penunjuk waktu, tetapi lebih sebagai jam tangan mewah dengan craftmanship tinggi.

"Itulah kenapa, walaupun sudah ada jam quartz, pencinta jam masih menggemari automatic karena nilai kemegahan detail dan mengapresiasi art of watchmaking,” ujarnya, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

Baca juga: 10 Jam Tangan Terbaik Omega yang Pernah Dibuat

Rekomendasi merek jam tangan automatic populer

Jika Anda pencinta jam tangan automatic, berikut rekomendasi jam tangan automatic dengan angka penjualan tertinggi selama periode Januari 2020-September 2021 di Jamtangan.com yang dapat dijadikan referensi:

1. Seiko

Jam tangan automatic Seiko Prospex SPB103J1.DOK JAMTANGAN.COM Jam tangan automatic Seiko Prospex SPB103J1.
Seiko dapat dikatakan memiliki kualitas jam tangan automatic terbaik di kelasnya. Maka tak heran jika Seiko terus menjadi buruan para pencinta jam tangan automatic, dengan penjualan tertinggi mencapai 54,36 persen.

Jam automatic Seiko juga punya ciri khas tersendiri. Seiko Prospex SPB103J1, misalnya, memadukan automatic movement Cal. 6R35 yang andal serta menyajikan figur menyerupai Rolex Submariner Hulk sehingga kerap dijuluki sebagai Seiko “Sumo Hulk”.

Baca juga: 6 Arloji Seiko Speedtimer, Hormati Warisan Masa Lalu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.