Kompas.com - 05/11/2021, 20:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Eksim atau dermatitis atopik memang merupakan salah satu masalah kulit yang mengganggu. Ruam atau sisik kemerahan yang dihasilkannya terasa sangat gatal, membuat kita gemas ingin menggaruknya.

Belum lagi, lukanya sangat tak sedap dipandang mata, membuat kita berusaha sekuat tenaga untuk mencari obat yang bisa menanganinya.

Nah, sebelum menggunakan obat kimia, mungkin kita bisa mencoba menggunakan obat alternatif non medis (home remedies) yang disarankan oleh dokter kulit John Anthony, MD, berikut ini.

Oatmeal koloid

Oatmeal yang biasa ditemukan dalam berbagai bath soap dan body lotion ini dapat membantu menenangkan peradangan pada eksim.

Pemutih

Meski terdengar aneh, menambahkan pemutih ke dalam air mandi dapat membantu. Pasalnya, pemutih dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pada eksim.

Jadi, campurkan 1/2 cangkir pemutih biasa ke dalam bak mandi. Namun untuk memandikan bayi, tambahkan satu sendok teh pemutih per galon air dan pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba metode ini.

Baca juga: Apakah Eksim Menular? Begini Penjelasan Dokter Kulit

Cuka apel

Meski belum cukup banyak data yang membuktikan bahwa cuka apel bisa membangu mengurangi eksim, cuka apel memang memiliki zat anti bakteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.