Kompas.com - 06/11/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi orangtua menemani anak belajar Shutterstock/People Image StudioIlustrasi orangtua menemani anak belajar

KOMPAS.com - Pola asuh Tiger Mom sempat populer di China yang menggambarkan prinsip keras dan tegas dalam membesarkan anak.

Dalam pola asuh ini, orangtua menuntut hasil terbaik bagi anak mereka dalam akademik atau pun bakat, meskipun anak harus kehilangan waktu bermain.

Namun, saat ini di China dikenal istilah pola asuh yang baru yakni "chicken babies", di mana anak-anak mengikuti banyak kelas dan latihan setelah sekolah.

Ada pula istilah "frog babies" yang mengacu pada anak-anak tanpa bakat atau anak-anak yang bisa memeroleh nilai rata-rata.

Baca juga: Tips Pola Asuh agar Anak Lebih Cerdas

Sementara itu, "cow babies" adalah anak-anak yang mendapatkan nilai bagus dan performa yang sempurna saat mengikuti kompetisi.

Beberapa orangtua di China menginginkan "cow babies" atau anak yang sudah memiliki bakat sejak lahir dan kemauan untuk belajar keras.

Anak yang bukan tergolong cow babies biasanya dikategorikan sebagai chicken babies atau "jiwa", yakni anak yang tidak memiliki bakat alami namun berusaha keras atas keinginan sendiri maupun dorongan dari orangtua.

Pola asuh "jiwa" mulai dipraktikkan orangtua di China

Di Distrik Haidian kota Beijing, China, terdapat banyak sekolah, universitas dan perusahaan teknologi terkemuka.

Para ibu di sana adalah orang-orang yang menerapkan pola asuh "jiwa" kepada anak dengan mendorong anak untuk memelajari banyak hal.

Baca juga: Alasan Ilmiah di Balik Kegemaran Anak-anak pada Dinosaurus

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.