Kompas.com - 06/11/2021, 14:34 WIB

KOMPAS.com - Menyetir dalam perjalanan jauh membuat kita lebih mudah kelelahan dan mengantuk. Hal ini tentunya berbahaya bagi keselamatan dan mengancam nyawa, seperti yang dialami Vanessa Angel.

Menyetir dalam kondisi mengantuk adalah permasalahan yang dialami oleh semua orang. Kita dianjurkan untuk beristirahat sejenak agar rasa kantuk dan lelahnya hilang sebelum melanjutkan perjalanan.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kita lebih mudah mengantuk ketika menyetir. Alasan utamanya adalah kurang tidur, gaya hidup atau jam kerja tidak teratur.

Selain itu, ada banyak alasan lainnya yang bisa memicu rasa kantuk ketika kita menyetir dalam perjalanan yang panjang. Misalnya saja gangguan perhatian dan koordinasi, waktu reaksi yang lebih lambat, dan penilaian yang buruk.

Baca juga: Mengapa Orang Mudah Mengantuk ketika Mengemudi?

Adapula highway hypnosis yakni ketika pikiran pengemudi mendadak kosong dan kehilangan konsentrasi untuk sesaat.

Cara agar tetap terjaga meski harus menyetir jarak jauh

Kita memang dianjurkan untuk beristirahat ketika harus menyetir dalam perjalanan jauh. Sayangnya, banyak orang tidak melakukannya karena terburu-buru harus sampai ke tujuan atau kesulitan mencari tempat beristirahat.

Tak jarang, rasa kantuk benar-benar hilang dan mata menjadi segar ketika sudah memutuskan beristirahat. Namun kita kembali mengantuk ketika melanjutkan perjalanan sehingga banyak yang nekad tetap menyetir.

Untuk menjauhkan rasa kantuk ketika menyetir dalam perjalanan yang panjang, ada beberapa hal yang disarankan, dikutip dari Healthline.

Baca juga: Trik Atasi Anak Rewel Saat Mudik dengan Kendaraan Umum

Cari teman menyetir

Carilah teman yang bisa menemani ngobrol selama perjalanan dan menggantikan menyetir, meskipun hanya sesaat. Terkadang, kita hanya perlu tidur selama sesaat sampai pikiran kembali fresh untuk melanjutkan perjalanan.

Cara ini banyak dilakukan oleh pengemudi jarak jauh, terutama sopir truk atau kontainer yang harus menyetis hingga 15 jam per hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.