Kompas.com - 08/11/2021, 10:00 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan memang tidak dapat dihindari.

Namun, hal ini tetap dapat diperlambat dengan membuat perubahan pada pola makan dan gaya hidup yang baik, terutama bagi orang-orang yang telah berusia 50 tahun atau lebih.

Sebagai contoh, kita bisa menerapkan kebiasaan makan yang sehat dengan mengurangi gula, mendapatkan lebih banyak serat, dan menghindari makan larut malam.

Untuk mengetahui kebiasaan mana yang benar-benar dapat membantu, ahli diet Trista Best, MPH, RD, LD di Balance One Supplements pun membagikan beberapa tipsnya.

Baca juga: 9 Makanan Sehat Wajib bagi Orang Berusia 50-an

Simak saran-saran dari Best terkait kebiasaan makan yang bisa memperlambat penuaan bagi orang-orang berusia di atas 50 tahun, seperti berikut ini.

1. Makan lebih banyak makanan nabati

Memasukkan lebih banyak pola makan nabati (plant based) ke dalam kehidupan sehari-hari telah terbukti memperlambat proses penuaan.

"Pola makan nabati dapat meningkatkan umur panjang, mengurangi peradangan, membantu menurunkan berat badan dan kadar lipid, menstabilkan tekanan darah, serta membantu mengurangi jumlah produk akhir glikasi lanjutan (AGEs)," kata Best.

Menurut dia, senyawa AGE ini paling banyak ditemukan di makanan olahan dan produk hewani seperti daging merah olahan, yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung, obesitas, diabetes, maupun hipertensi.

"Senyawa itu tidak hanya membuat seseorang menua secara internal, tetapi juga secara eksternal dengan menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit yang menimbulkan kerutan dan garis-garis halus," jelasnya.

Baca juga: Pahami, 3 Cara Diet Nabati Turunkan Berat Badan dengan Sehat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.