Kompas.com - 08/11/2021, 12:43 WIB

KOMPAS.com - Selain buahnya, biji labu ternyata juga dapat dikonsumsi sebagai camilan bergizi yang menawarkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Biji labu bisa dinikmati mentah atau dipanggang untuk menghidupkan rasa, aroma, dan tekstur, serta meningkatkan jumlah antioksidan yang tersedia.

"Biji labu adalah sumber protein nabati dan nutrisi lain yang baik sebagai antioksidan untuk membantu melindungi kita dari penyakit tertentu," kata ahli diet, Maxine Smith, RD.

Baca juga: Manfaat Penting Biji Labu bagi Kesehatan Tubuh

Di samping itu, protein biji labu adalah protein yang berkualitas sangat tinggi — sebanding dengan protein kedelai — dengan mengandung semua asam amino esensial yang kita cari di luar daging.

Dengan banyaknya nutrisi berharga yang dapat kita temui di dalamnya, maka biji labu juga dapat mencegah risiko-risiko terjadinya penyakit sebagai berikut.

1. Mengurangi risiko kanker

Telah terbukti bahwa diet yang kaya akan biji labu dapat mengurangi risiko kanker payudara, perut, paru-paru, prostat, dan usus besar.

Sebuah studi observasional besar menemukan bahwa memakan biji labu dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara pada wanita pascamenopause.

Studi lain juga menunjukkan bahwa lignan dalam biji labu dapat memainkan peran kunci mencegah dan mengobati kanker payudara.

Studi tabung reaksi lebih lanjut bahkan menemukan suplemen yang mengandung biji labu berpotensi memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

2. Meningkatkan kesehatan usus dan prostat

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa biji labu dapat membantu meredakan kandung kemih yang terlalu aktif dan hiperplasia prostat (kondisi prostat yang menyebabkan masalah dengan buang air kecil).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.