Kompas.com - 08/11/2021, 15:38 WIB

KOMPAS.com – Sebagai orangtua baru mungkin kita bingung dengan banyaknya mitos seputar kesehatan bayi baru lahir. Terkadang, mitos itu dipercaya terutama ketika ibu baru kewalahan dalam merawat bayi.

Beberapa mitos yang masih dipercaya antara lain bayi tidak boleh keluar rumah sebelum berusia 40 hari, bayi tidak boleh sering digendong supaya tidak manja, hingga ibu yang baru melahirkan tidak boleh tidur siang.

Untuk mengetahui mana mitos keliru yang tidak boleh lagi dipercayai, komunitas Ibu Canggih @Ibu2Canggih mengundang dokter spesialis anak Nofiyanty Nicolas untuk membahasnya dari sudut pandang ilmiah.

Ketahui apa saja mitos-mitos “ajaib” yang sebaiknya tak boleh dipercaya:

Baca juga: Sudah Diberi ASI tapi Bayi Masih Menangis, Apa Penyebabnya?

- Ibu yang baru melahirkan tidak boleh tidur siang karena bisa mengakibatkan darah naik ke mata

“Ini sudah jelas mitos ya. Ibu yang baru melahirkan justru disarankan tidur yang cukup agar stamina dan kesehatan juga terjaga,” kata Nofiyanty dalam webinar “Parenting Canggih untuk Ibu Canggih: Bedah Hoax Kesehatan”, Sabtu (6/11).

Tidur siang juga bisa dijadikan ajang penebusan setelah semalaman begadang menemani bayi baru lahir. Tidur siang juga bisa membantu ibu menurunkan stres pascamelahirkan yang sering melanda para ibu baru.

- ASI yang bening (foremilk) tidak bagus untuk bayi karena bisa bikin bayi masuk angin

Faktanya, air susu ibu yang bening, disebut foremilk, juga memegang peranan penting dalam tumbuh-kembang bayi.

“Selain berfungsi sebagai air yang menghilangkan dahaga bayi, foremilk juga mengandung laktosa yang penting untuk pembentukan otak bayi, serta protein yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat pembentukan saraf dan jaringan tubuh bayi,” kata Nofiyanty.

Baca juga: 6 Bahaya Rumput Fatimah untuk Persalinan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.