Kompas.com - 08/11/2021, 16:43 WIB

KOMPAS.com - Munculnya rambut putih atau uban sering kali membuat kita panik dan merasa penampilan terganggu, sehingga kita pun berkeinginan untuk mencabutnya.

Sayangnya, mencabutnya bukanlah solusi yang tepat untuk menghilangkan uban, namun justru dapat memberikan efek yang lebih buruk lagi yakni kebotakan.

Dokter spesialis kulit dari Eileen Tan Skin Clinic & Associates di Mount Elizabeth Novena Hospital, Dr Eileen Tan mengatakan bahwa mencabut uban terus-menerus dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen.

"Faktanya, folikel (kantung kecil di kulit kepala tempat tumbuhnya rambut) yang menghasilkan uban yang kita cabut mungkin akan menghasilkan helaian uban lain di tempatnya walaupun tidak banyak," terangnya.

"Tetapi, yang lebih buruk adalah jika kita sering mencabut folikel yang sama, pabrik pembuat rambut ini akan mogok dan berhenti memproduksi rambut selamanya," sambung dia.

Baca juga: Sering Dicabut Bikin Uban Semakin Banyak, Mitos atau Fakta?

Di sisi lain, penata rambut dan direktur kreatif pendidikan di Sachajuan, Trey Gillen menuturkan bahwa mencabut uban dalam jangka panjang dapat menimbulkan lebih banyak kerugian.

"Mencabutnya bisa membuat folikel rambut trauma dan kita bisa merusak folikel sampai tidak ada lagi rambut yang tumbuh," kata Gillen.

"Jika dilakukan secara berulang, mencabut uban bahkan dapat menyebabkan infeksi, pembentukan bekas luka, dan kebotakan. Pada akhirnya, ini akan membuat rambut yang lebih tipis," lanjut dia.

Menurutnya, hal ini juga berdampak pada lebih sedikitnya melanin yang dihasilkan oleh folikel dan menyebabkan lebih sedikit pula sebum yang dihasilkan, sehingga uban memiliki tekstur yang berbeda dari helai berpigmen lainnya.

"Dalam beberapa kasus, uban yang tumbuh kembali di tempatnya akan menjadi lebih, kasar, lebih tebal, dan lebih terlihat daripada rambut yang kita miliki sebelumnya," jelas Gillen.

Baca juga: 6 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat secara Alami

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.