Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Seniman Berkolaborasi Dalam Karya Mural di On & Off Pressure

Kompas.com - 08/11/2021, 17:57 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Usai menghelat Indonesia Art Expo 2021, L Project mengadakan kegiatan seni offline terakhir di tahun ini.

Hadir dengan tajuk "On & Off Pressure", L Project melibatkan 10 seniman mural untuk melukis mural bersama-sama di perumahan Alam Raya, Tangerang, Banten.

Para seniman yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Anagard, Farhan Siki, The Popo, Bunga Fatia, Bujangan Urban, Arman Jamparing, Digie Sigit, Media Legal, Hana Madness, dan Edi Bonetski.

Seniman jalanan Bujangan Urban menyelesaikan pembuatan mural dalam acara On & Off Pressure di Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). Kegiatan seni ini mengajak 10 seniman jalanan atau street artist  berkolaborasi melukis mural bersama di dalam satu kawasan di wilayah kota Tangerang.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Seniman jalanan Bujangan Urban menyelesaikan pembuatan mural dalam acara On & Off Pressure di Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). Kegiatan seni ini mengajak 10 seniman jalanan atau street artist berkolaborasi melukis mural bersama di dalam satu kawasan di wilayah kota Tangerang.
Acara On & Off Pressure mulai diadakan pada hari ini, Senin (8/11/2021) dan akan berlangsung hingga tanggal 10 November mendatang.

Seluruh seniman melukis di atas tembok seluas lebih kurang 1.500 meter persegi yang tersebar di tujuh titik di kawasan perumahan Alam Raya.

Seniman jalanan Bunga Fatia menyelesaikan pembuatan mural dalam acara On & Off Pressure di Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). Kegiatan seni ini mengajak 10 seniman jalanan atau street artist  berkolaborasi melukis mural bersama di dalam satu kawasan di wilayah kota Tangerang.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Seniman jalanan Bunga Fatia menyelesaikan pembuatan mural dalam acara On & Off Pressure di Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). Kegiatan seni ini mengajak 10 seniman jalanan atau street artist berkolaborasi melukis mural bersama di dalam satu kawasan di wilayah kota Tangerang.
Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, perumahan Alam Raya dipilih karena lokasi daerah yang terbilang strategis, sehingga masyarakat bisa menyaksikan dengan mudah pameran mural tersebut.

Kurator acara, Bambang Asrini memberikan komentar terkait gelaran seni mural ini.

Menurut dia, On & Off Pressure menggambarkan energi yang menyala dan mati di ruang publik.

"Energi tersebut memantik berbagai isu yang hadir dan terjadi di masyarakat. Pressure di judul ini menjelaskan tantangan yang datang dari berbagai pihak," ungkapnya.

Sejumlah seniman jalanan menyelesaikan pembuatan mural dalam acara On & Off Pressure di Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). Kegiatan seni ini mengajak 10 seniman jalanan atau street artist  berkolaborasi melukis mural bersama di dalam satu kawasan di wilayah kota Tangerang.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Sejumlah seniman jalanan menyelesaikan pembuatan mural dalam acara On & Off Pressure di Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). Kegiatan seni ini mengajak 10 seniman jalanan atau street artist berkolaborasi melukis mural bersama di dalam satu kawasan di wilayah kota Tangerang.
Lebih lanjut Bambang mengatakan, On & Off adalah simbol dari sakelar yang berfungsi menghidupkan dan mematikan proses berkreasi para seniman jalanan.

"Dalam konteks polemik nasional beberapa bulan terakhir, seni jalanan mendapat stigma sebagai aksi vandalisme."

"Nah, acara ini bertujuan menyampaikan pesan bersama bahwa seni jalanan hadir secara majemuk, merdeka dan sebagai jeda atas intervensi seni di ruang-ruang publik yang setara," sebut dia.

Seniman jalanan Armand Jamparing menyelesaikan pembuatan mural dalam acara On & Off Pressure di Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). Kegiatan seni ini mengajak 10 seniman jalanan atau street artist  berkolaborasi melukis mural bersama di dalam satu kawasan di wilayah kota Tangerang.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Seniman jalanan Armand Jamparing menyelesaikan pembuatan mural dalam acara On & Off Pressure di Jakarta Barat, Senin (8/11/2021). Kegiatan seni ini mengajak 10 seniman jalanan atau street artist berkolaborasi melukis mural bersama di dalam satu kawasan di wilayah kota Tangerang.
CEO L Project Ali Kusno menambahkan makna dari dilangsungkannya kegiatan ini.

"Kami juga ingin meningkatkan produktivitas rekan-rekan seniman mural untuk kembali produktif di masa pandemi," terangnya.

Di samping menuangkan seni di tembok perumahan Alam Raya, 10 seniman yang berpartisipasi juga akan melukis bersama di atas kanvas pada 10 November.

Kegiatan ini adalah kegiatan penutup dalam rangkaian acara On & Off Pressure.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com