Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Pemenang Sejati Sadar Kapan Dirinya Harus Berhenti

Kompas.com - 09/11/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi PEXELS.com/ANDREA PIACQUADIOIlustrasi

Oleh: Intania Ayumirza dan Sulyana Andikko

DALAM sebuah perjuangan untuk meraih sesuatu, tidak jarang kita merasakan yang namanya kegagalan. Umumnya, setiap orang memiliki persepsi tersendiri terkait kegagalan.

Layaknya menilai benar atau salah, mendefinisikan kegagalan tersendiri adalah hal sulit karena sifatnya yang relatif atau tidak eksak.

Kendati mengalami nasib yang sama, beda orang dapat memberikan respons dan persepsi yang berbeda pula. Pola pikir (mindset) akan menjadi hal yang sangat menentukan.

Sebagian orang akan melabelinya sebagai kegagalan, namun sebagian lainnya mungkin tidak.

Ada yang menyikapinya dengan putus asa; menerima lalu memutuskan untuk bertahan; mengambil pelajaran; atau justru segera melangkah meninggalkan kekecewaan dan bersiap dengan rencana cadangannya.

Sikap-sikap tersebut memiliki kaitan dengan resiliensi, sebuah kemampuan untuk bangkit kembali dari kesulitan, frustasi, dan kemalangan, sesuai definisi yang diusung oleh Janet Ledesma, peneliti dari Andrews University Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjadi resilien tidak sebatas menerima dan bertahan dengan keadaan tersebut, melainkan juga mendorong diri untuk meninggalkan keterpurukan.

Seseorang dengan tingkat resiliensi yang baik akan mampu melihat kegagalan sebagai pelajaran untuk menjadikan dirinya lebih baik di masa depan.

Lingkaran kontrol dan lingkaran perhatian

Berbincang dalam episode kedua di musim ketiga siniar OBSESIF, Irma Erinda, seorang Purpose Coach yang juga merupakan Founder Purpose Finder, membahas mengenai konsep lingkaran kontrol dan lingkaran perhatian berdasarkan buku klasik berjudul The Seven Habits of Highly Effective People karya Stephen Covey.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.