Kompas.com - 09/11/2021, 08:30 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Saat berkendara di jalanan, tentu kita harus berhati-hati guna menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Hal ini terutama jika kita hidup di perkotaan, di mana lebih banyak orang menggunakan jalan dan beberapa di antaranya berkendara dengan kurang hati-hati dan berpotensi membahayakan nyawa orang lain.

Bahkan mobil yang tengah diparkir di jalan saja bisa membahayakan orang lain loh, terutama para pesepeda.

Mengapa?

Sebab, seperti yang kita ketahui, para pesepeda sering terjepit di antara mobil yang terparkir dan arus lalu lintas. Karena itulah, mereka rawan menabrak saat sebuah pintu mobil terbuka.

Namun, tenang saja. Ada sebuah solusi mudah: membuka pintu mobil dengan tangan kiri bila stir mobil kita di kanan, dan sebaliknya membuka dengan tangan kanan bila stir berada di kiri.

Nah, untuk mengetahui alasan mengapa harus membuka pintu mobil dengan tangan kiri, simak paparan berikut ini.

Fenomena dooring

Saking seringnya para pesepeda atau pemotor menabrak pintu mobil yang dibuka tiba-tiba, ada sebuah istilah yang lahir, yaitu dooring.

Sayangnya, dooring rupanya cukup sering terjadi. Di Amerika, ada lebih dari 250 kasus pesepeda menabrak pintu mobil yang terbuka pada tahun 2015. Sementara itu di New York, setidaknya tiga orang pesepeda tewas akibat dooring pada tahun 2019.

Untuk itu, dengan harapan untuk meningkatkan kesadaran di antara para pengemudi taksi, New York City menempelkan stiker berbunyi “LOOK! For Cyclists” di seluruh 13.000 taksi di kota itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.