Kompas.com - 09/11/2021, 10:11 WIB
Cara merawat bunga mawar terbilang sulit dan rumit jika kita tidak memahami ilmunya. Namun, merawat bunga mawar sebetulnya mudah jika kita sudah memahaminya. PEXELS/SAMER DABOULCara merawat bunga mawar terbilang sulit dan rumit jika kita tidak memahami ilmunya. Namun, merawat bunga mawar sebetulnya mudah jika kita sudah memahaminya.

KOMPAS.com - Cara merawat bunga mawar terbilang sulit dan rumit jika kita tidak memahami ilmunya. Namun, merawat bunga mawar sebetulnya mudah jika kita sudah memahaminya.

Meskipun, tingkat kesuburannya juga ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk iklim tempat bunga mawar tumbuh.

Menurut buku Mawar: Budi Daya dan Pascapanen (2019) yang ditulis oleh D. Santi, tanaman mawar dapat ditanam sepanjang tahun atau sepanjang musim, serta tidak terpengaruh oleh angin.

Di Indonesia, bunga mawar bisa tumbuh subur di dataran rendah hingga dataran tinggi +/- 1.500 meter di atas permukaan laut.

Bunga mawar bisa tumbuh di dataran rendah dengan suhu udara panas, namun produksi bunganya mungkin tidak akan sebaik jika ditanam di dataran tinggi. Bunga mawar yang ditanam di dataran rendah dengan suhu panas mungkin akan memiliki bunga yang kecil-kecil dan warna mahkota yang agak kusam.

Bagi pemula yang berencana menanam bunga mawar untuk mempercantik pekarangan, pastikan memahami cara menanam bunga mawar yang baik dan benar sehingga bunga yang kita tanam bisa tumbuh sehat dan subur.

Baca juga: 6 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong, Pemula Perlu Tahu

Cara menanam bunga mawar

Berikut beberapa cara menanam bunga mawar yang penting untuk diperhatikan:

  • Cahaya

Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai bagian dari cara menanam bunga mawar adalah memerhatikan kebutuhan cahayanya. Bunga mawar perlu disimpan di tempat yang terkena sinar matahari, baik langsung maupun tidak langsung.PEXELS/PIXABAY Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai bagian dari cara menanam bunga mawar adalah memerhatikan kebutuhan cahayanya. Bunga mawar perlu disimpan di tempat yang terkena sinar matahari, baik langsung maupun tidak langsung.
Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai bagian dari cara menanam bunga mawar adalah memerhatikan kebutuhan cahayanya.

Menurut buku Budidaya Mawar (2015) yang ditulis oleh Abrar Adiparaya, tanaman mawar memerlukan sinar matahari demi berlangsungnya fotosintesis, yakni cara tanaman untuk menghasilkan zat makanan.

Oleh karena itu, penyimpanan pot yang ditumbuhi bunga mawar perlu disimpan di tempat yang terkena sinar matahari, baik langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: Simak, 6 Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.