Kompas.com - 09/11/2021, 14:55 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Apakah merasa pasangan tiba-tiba menjauh dan terlihat enggan berurusan dengan kita? Hati-hati, mungkin saja tanpa sengaja kita telah melakukan beberapa hal atau kebiasaan yang membuat hubungan asmara kita kurang menyenangkan.

Nah, jika tak ingin hubungan terus memburuk sampai membuat kita dan pasangan putus, mulai sekarang, hindarilah sembilan kebiasaan yang memperburuk hubungan asmara, seperti berikut ini.

Terlalu fokus pada ponsel

Memang, di zaman modern seperti saat ini, rutin mengecek smartphone sudah menjadi hal biasa. Namun jika kita terlalu terobsesi mengecek ponsel, hubungan asmara kita bisa terganggu lho.

“Salah satu kebiasaan terburuk yang membuat hubungan hancur adalah tak berhenti melihat smartphone meski sedang bersama pasangan,” ujar Carole Lieberman M.D., seorang psikiater di Beverly Hills, California.

“Melihat telepon terus menerus membuat pasangan merasa bahwa mereka tidak dianggap penting atau tidak dianggap ada,” tambahnya.

Jadi solusinya, matikan ponsel saat tengah makan malam bersama, menghabiskan waktu berdua, atau saat pasangan butuh perhatian penuh dari kita.

Cemburu

Menurut Michele Kerulis, EdD, profesor konseling di Universitas Northwestern, kecemburuan dalam hubungan bisa datang dari rasa takut diabaikan, tidak merasa cukup baik, atau kurangnya percaya diri.

Tak hanya itu, rasa takut dikhianati dan pengalaman dari hubungan masa lalu pun bsisa jadi penyebabnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.