Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Memakai Krim Mata untuk Cegah Kantung Mata

Kompas.com - 09/11/2021, 17:17 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produk krim mata dapat membantu kita mencegah munculnya tanda penuaan dini, apabila digunakan dengan tepat.

Area mata adalah kulit tertipis dan paling halus di wajah sehingga perubahan fisiknya lebih mudah terlihat. Kulit yang kering, tanda kurang tidur, atau penuaan dini semua akan terlihat jelas dengan kondisi area mata kita.

Meskipun masih banyak yang meragukannya, para pakar kecantikan kulit telah lama mengajurkan eye cream sebagai produk skincare utama. Khususnya jika kita ingin terlihat lebih awet muda dan bebas kantung mata.

Baca juga: Penyebab Kantung Mata Bengkak dan 5 Cara Menghilangkannya

Tips menggunakan krim mata agar hasilnya lebih optimal

Banyak orang telah menggunakan krim mata secara bertahun-tahun namun hasilnya dianggap tidak memuaskan. Rupanya ini disebabkan kesalahan kita dalam mengaplikasikannya, termasuk dalam soal waktu, jumlah dan kandungan yang dipakai.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada beberapa saran dari pakar yang sebaiknya kita pertimbangkan dalam menggunakan krim mata.

Pilih kandungan yang sesuai

Kenali masalah wajah, khususnya area mata kita, dan carilah bahan yang tepat untuk meredakannya. Misalnya saja vitamin C, arbutin, asam kojic, atau niacinamide untuk lingkatan hitam di bawah mata.

Untuk mengurangi penuaan seperti kerutan mata, keriput dan garis halus, gunakan krim mata yang mengandung alga, antioksidan, dan peptida. Kandungan tersebut membantu menjaga kadar kolagen sehingga kulit tetap kencang.

Baca juga: Jangan Dibuang, Teh Celup Bekas Bisa Hilangkan Mata Panda

Gunakan di waktu yang tepat

Kandungan krim mata akan sangat menentukan kapan waktu terbaik untuk mengoleskannya di wajah kita. Produk yang mengandung bahan aktif seperti kafein dan vitamin C harus dipakai pada kulit yang bersih agar bekerja optimal.

Untuk eye cream dengan tekstur kental dan melembabkan, dianjurkan dipakai setelah serum dan pelembab. Sedangkan krim mata yang berwarna dapat digunakan terakhir karena bermanfaat sebagai hibrida perawatan kulit atau concealer.

Jangan terlalu banyak

Krim mata tidak perlu dipakai terlalu banyak, cukup seukuran kacang polong saja untuk seluruh bagian bawah mata.

"Jika Anda menggunakan terlalu banyak, berisiko masuk ke mata dan menyebabkan iritasi karena area itu sangat sensitif. " kata Joanna Vargas, facialist selebriti dan pendiri Joanna Vargas Salons and Skin Care di AS.

Milia di sekitar mata bisa menjadi pertanda kita terlalu banyak menggunakan krim mata atau kandungannya terlalu berat.

Baca juga: Mengapa Serum Wajah Tak Bisa Menggantikan Fungsi Krim Mata

Tepuk dengan sangat lembut

Kebanyakan produk skincare disarankan dioleskan ke wajah dengan cara ditepuk dengan lembut. Untuk krim mata, tepukkan dengan benar-benar lembuh di bawah mata karena area itu sangat sensitif dan tipis.

Terlalu banyak tekanan dapat menarik kulit yang rapuh, yang hanya dapat memperburuk garis-garis halus dan iritasi. Banyak ahli merekomendasikan untuk menggunakan jari manis atau jari kelingking karena itu cenderung menjadi area yang paling lembut.

Gunakan juga di tulang alis

Sejumlah pakar kesehatan kulit merekomendasikan krim mata tidak hanya di bagian bawah saja namun juga hingga ke tulang alis. Tepukkan dengan lembut dan jangan sampai menarik kulit atau jauh hingga ke mata.

Biarkan meresap

Biarkan krim mata meresap ke kulit selama sekitar satu menit, khususnya jika kita ingin melanjutkannya dengan merias wajah. Jangan langsung mengaplikasikan concealer atau tabir surya karena hasilnya tidak akan bagus.

Baca juga: Lebih Tipis, Kulit di Bawah Mata Lebih Cepat Munculkan Tanda Penuaan 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com