Kompas.com - 09/11/2021, 20:24 WIB

KOMPAS.com – Banyak pabrik mampu memproduksi peralatan rumah tangga yang kuat dan tahan lama, faktanya peralatan rumah tangga tetap dapat rusak.

Selain karena faktor eksternal seperti korsleting listrik atau umur yang sudah tua, perilaku pemilik rumah saat menggunakan peralatan rumah tangga juga menjadi biang kerusakan.

Peralatan rumah tangga kerap digunakan secara berlebihan dan tidak dibersihkan secara teratur. Akibatnya, kinerja peralatan rumah tangga tidak maksimal dan cepat rusak.

Perilaku yang mempersingkat umur peralatan rumah tangga

1. Laptop

Laptop sudah menjadi kebutuhan bagi para pelajar, hingga profesional. Sebab, perangkat elektronik ini mudah dibawa-bawa dan dapat diandalkan setiap waktu.

Baca juga: Cara Cek Apakah PC/Laptop Kita Bisa Windows 11 atau Tidak

Meski saat ini sudah banyak pabrikan laptop memproduksi laptop yang tingkat durabilitasnya tinggi, tetapi umur laptop sering tak bisa lama.

Salah satu penyebabnya karena laptop digunakan secara intens dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa mengakibatkan laptop sering macet secara tiba-tiba.

Kamu bisa merawat laptop kesayanganmu dengan cara mematikannya satu kali sehari. Agar sistem operasi bisa mengunduh pembaruan dan tambahan perangkat lunak sehingga fungsi laptop berjalan dengan lancar dan maksimal.

Selain penggunaan laptop yang berlebihan, ternyata laptop bisa cepat rusak jika gagal meng-install program anti-virus dan malware.

Baca juga: 6 Kebiasan yang Bikin Sofa Cepat Rusak

2. Ponsel pintar

Walau smartphone sudah dirancang agar tahan lama, ada banyak perilaku pengguna yang bisa mempercepat kerusakan smartphone.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber rd.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.