Kompas.com - 10/11/2021, 06:35 WIB

KOMPAS.com – Pemilik anjing selalu ingin hewan peliharaannya sehat dan terawat. Karenanya banyak yang rutin memberikan vitamin dan makanan bergizi kepada anjing kesayangannya.

Untuk mendukung tumbuh kembang si anjing, biasanya kandungan makanan yang disarankan untuk anjing dewasa berukuran kecil adalah serat sebanyak 3 persen, protein sebanyak 28 persen, dan lemak 17 persen.

Meski sudah ditentukan takaran nutrisi yang ideal, ada kalanya pemilik anjing memberi makanan pendamping seperti sayuran dan buah-buahan kepada anjingnya.

Dari sekian banyak buah-buahan yang ada, banyak pemilik anjing merasa penasaran apakah mereka boleh memberi makan anjing mereka dengan anggur.

Sejumlah peneliti telah melakukan penelitian terhadap anjing yang memakan anggur. Mereka juga menelusuri kandungan yang terdapat di anggur.

Bolehkan anjing memakan anggur?

Nah, ternyata para ahli memperingatkan agar para pemilik anjing tidak memberi makan anggur kepada anjing dalam keadaan apa pun.

Alasannya, anggur beserta produk turunannya mengandung bahan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi anjing.

Anggur dan kismis dapat menyebabkan penyakit ginjal yang mengancam jiwa pada beberapa anjing,” kata Angela Witzel Rollins, DVM, PhD, seorang profesor nutrisi hewan di University of Tennessee, AS.

Walau hingga kini belum bisa dipastikan secara persis toksin atau zat beracun apa dalam anggur yang berbahaya bagi anjing, tapi American Kennel Club (AKC) mengatakan anggur beracun bagi anjing karena mengandung asam tartarat.

“Anggur mengandung senyawa yang disebut asam tartarat,” kata Tina Wismer, DVM, Direktur Senior American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) Animal Poison Control Center.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.