Kompas.com - 10/11/2021, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Manfaat bawang putih untuk kesehatan sudah tak perlu lagi diragukan.

Beberapa di antara manfaat bawang putih termasuk membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, membantu menurunkan risiko kanker, mendukung kesehatan jantung, dan menyehatkan rambut.

Namun, umbi dengan nama ilmiah Allium sativum ini ternyata juga bermanfaat untuk wajah dan kecantikan.

Secara umum, manfaat bawang putih untuk wajah didukung karena sifat anti jamur, anti penuaan, dan anti inflamasi, serta kemampuannya membantu menghaluskan kulit.

Bawang putih juga membantu memperlancar aliran darah, membuat kulit tampak bercahaya secara alami.

Manfaat bawang putih untuk kecantikan bisa didapatkan baik dengan mengonsumsinya maupun mengoleskannya secara topikal, dan dipadukan dengan bahan lainnya.

Baca juga: 9 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih, untuk Kulit hingga Tanaman

Manfaat bawang putih untuk wajah

Berikut sejumlah manfaat bawang putih untuk wajah yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi atau menggunakannya secara rutin:

1. Bawang putih mengatasi jerawat

Meski bukan bahan utama dalam obat jerawat yang banyak tersedia di pasaran, ternyata manfaat bawang putih untuk wajah termasuk membantu mengatasi noda jerawat yang mengganggu penampilan.PIXABAY/KJERSTIN_MICHAELA Meski bukan bahan utama dalam obat jerawat yang banyak tersedia di pasaran, ternyata manfaat bawang putih untuk wajah termasuk membantu mengatasi noda jerawat yang mengganggu penampilan.
Meski bukan bahan utama dalam obat jerawat yang banyak tersedia di pasaran, ternyata manfaat bawang putih untuk wajah termasuk membantu mengatasi noda jerawat yang mengganggu penampilan.

Menurut The Healthy, antioksidan dalam bawang putih dapat membantu membunuh bakteri. Untuk itu, cobalah mengoleskan irisan siung bawang putih pada jerawat.

Menurut Stylecraze, cara lainnya untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk wajah adalah dengan mengonsumsi satu siung, kemudian ikuti dengan minum air putih.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.