Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sepatu Brogues, Apa Cirinya dan Kapan Memakainya?

Kompas.com - 10/11/2021, 09:49 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Walaupun sepatu kets atau sneaker saat ini sedang digemari untuk dipakai di berbagai kesempatan, ada kalanya kita jenuh dan ingin memakai model sepatu lain.

Ada banyak pilihan sepatu yang cocok digunakan untuk berbagai kesempatan, salah satunya model sepatu brogues yang rapi dan modis.

Baik saat menghadiri acara resmi atau pesta yang lebih santai, sepatu brogues bisa melengkapi penampilan kita dengan sempurna.

Tapi sebelum itu, kita perlu menelisik sedikit mengenai sepatu ini.

Berasal dari Skotlandia dan Irlandia

Neo Brogues Boots salah satu boots kreasi brand septa lokal Nappa Milano, Raub (30/1/2019). Boots ini menggunakan nappa leather pada upper, lalu lambskin pada lining dan sol rubber. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Neo Brogues Boots salah satu boots kreasi brand septa lokal Nappa Milano, Raub (30/1/2019). Boots ini menggunakan nappa leather pada upper, lalu lambskin pada lining dan sol rubber.
Sepatu brogues berasal dari Skotlandia dan Irlandia. Awalnya sepatu ini dirancang dari kulit yang tidak disamak dan diberi lubang-lubang kecil.

Lubang-lubang di permukaan sepatu itu berfungsi untuk memungkinkan air turun ke permukaan tanah ketika pemakainya berjalan di medan basah, sehingga air tidak menempel di sepatu.

Seiring berjalannya waktu, desain sepatu brogues semakin berkembang.

Perforasi atau lubang-lubang tersebut sekarang hanya merupakan dekorasi alias hiasan yang menandakan jika seperti itulah model sepatu brogues.

Istilah "brogues" sendiri sejatinya mengacu pada hiasan lubang-lubang di permukaan sepatu, walau jenis sepatunya bisa Oxford, Derby atau boots.

Sepatu brogues juga dikategorikan berdasarkan pola hiasan yang ditampilkan, yakni full brogue atau wingtip, half brogue, serta quarter brogue.

Baca juga: Ada Banyak Jenis Sepatu, Tahukah Kamu Bedanya?

1. Full brogue atau wingtip

Sepatu full brogues atau wingtip Sepatu full brogues atau wingtip
Full brogue adalah salah satu model paling khas dari brogues, dengan ujung sepatu (toe cap) meruncing dan pola jahitan berbentuk seperti sayap. Makanya, model sepatu ini juga disebut wingtip.

Jika dilihat dari atas, sayap tersebut seolah membentuk huruf "W" atau "M", tergantung dari sisi mana kita melihatnya.

2. Half brogue

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com