Kompas.com - 10/11/2021, 13:09 WIB
Clarks Originals Sandford Court Clarks Originals Sandford Court

 

KOMPAS.com - Clarks pernah identik dengan sepatu orang tua. Bagi sebagian orang, brand Inggris ini mengingatkan pada sepatu milik ayah atau kakek nenek mereka.

Padahal Clarks masa kini telah memasuki pasar anak muda. Lihatlah berbagai kolaborasi produk ikoniknya dengan brand yang dianggap kekinian seperti Supreme, Stussy, Bape, hingga Patta.

Clarks bahkan mengambil langkah besar untuk merambah pasar anak muda dengan masuk ke dunia sneakers.

Clarks melirik dunia sneakers karena bidang ini sangatlah menjanjikan. Diperkirakan selama lima tahun ke depan nilai valuasi sneakers mencapai 120 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.700 triliun.

Pergerakan Clarks yang mengubah orientasinya ke streetwear tentu saja mengejutkan. Walau, sebenarnya upaya Clarks Originals memutus stigma sebagai brand sepatu formal sudah dimulai sejak 1973.

"Upaya awal Clarks Originals untuk masuk ke pasar olahraga dimulai pada tahun 1973 ketika menyeponsori liga Bola Basket Inggris,” ujar Matteo Bellentani, Kepala Produk dan Desain di Clarks Originals.

“Mereka menyebutnya Liga Bola Basket Sepatu Pria Clarks dan menciptakan dua sepatu kets di Playmaster Boot dan Playmaker Shoe."

Clarks Originals Trigenic Clarks Originals Trigenic
"Lalu lahirlah 'Clarksport' pada tahun 1976, sebagai lini alas kaki yang menampilkan sepatu kets untuk atletik, sepak bola, golf, hiking, berlayar, tenis, dan skateboard," jelas Bellentani.

Sejak peluncuran Clarks Originals pada tahun 1994, sebagai spin-off brand untuk memenuhi permintaan sepatu ikonik yang sudah mengakar sejak lama, Clarks juga berusaha menciptakan sneaker ikonik.

Dengan moto ‘be iconic, be authentic, do what we are best and what we are known for', Bellentani mengatakan Clarks Original ingin membuat produk yang sempurna.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.