Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Camilan Rendah Kalori yang Lezat, Baik untuk Diet

Kompas.com - Diperbarui 24/10/2022, 06:55 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Mengonsumsi camilan rendah kalori bisa menjadi bagian dari rencana diet secara keseluruhan yang membantu kita mencapai berat badan sehat.

Seperti apa camilan rendah kalori?

Laman Eat This Not That, misalnya, menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita mencari camilan rendah kalori.

Camilan rendah kalori idealnya berkisar 150-200 kalori. Angka ini dianggap sudah cukup untuk membantu kita merasa kenyang tanpa membuat total asupan kalori harian menjadi berlebih.

Selain itu, camilan rendah kalori yang sehat idealnya mengandung sedikitnya 3 gram serat dan 3 gram protein atau lebih.

Serat dapat membantu mengenyangkan sekaligus menjaga gula darah tetap stabil, sementara protein juga membantu mengenyangkan, mencegah makan berlebih di waktu berikutnya, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun, camilan rendah kalori yang sehat idealnya mengandung 8 gram gula atau kurang per porsinya dan 400 miligram atau 140 miligram natrium atau kurang.

Baca juga: 20 Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok untuk Diet

Camilan rendah kalori yang menyehatkan

Berikut sejumlah camilan rendah kalori yang menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi saat diet:

1. Kacang almond

Kacang almond adalah camilan rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet karena kaya akan serat dan protein yang dapat membantu kita merasa tetap kenyang.UNSPLASH/AVINASH KUMAR Kacang almond adalah camilan rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet karena kaya akan serat dan protein yang dapat membantu kita merasa tetap kenyang.
Kacang almond adalah camilan rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet.

Menurut WebMD, almond kaya akan serat dan protein yang dapat membantu kita merasa tetap kenyang.

Sebanyak 14 butir kacang almond, misalnya, tak lebih dari 100 kalori dan mengandung sekitar 0,63 gram lemak jenuh, serta 0 gram natrium dan 0 gram kolesterol.

Baca juga: Mengenali Beragam Manfaat Kesehatan dari Kacang Almond

2. Edamame

Selain lezat, edamame juga dapat dijadikan camilan rendah kalori.SHUTTERSTOCK Selain lezat, edamame juga dapat dijadikan camilan rendah kalori.
Selain lezat, edamame juga dapat dijadikan camilan rendah kalori.

Porsi setengah cangkir edamame mengandung lebih dari 8 gram protein dan 4 gram serat yang dapat membantu kita tetap kenyang, tetapi tak lebih dari 100 kalori.

Tak hanya itu, porsi tersebut sudah memenuhi 10 persen rekomendasi harian zat besi.

Baca juga: 5 Kebaikan yang Terkandung dalam Kacang Edamame

3. Mangga potong beku

Porsi 3/4 mangga hanya mengandung sekitar 90 kalori dan menyediakan sekitar 60 persen rekomendasi harian vitamin C, sehingga cocok dijadikan rekomendasi camilan rendah kalori yang baik untuk diet.PEXELS/RIKI RISNANDAR Porsi 3/4 mangga hanya mengandung sekitar 90 kalori dan menyediakan sekitar 60 persen rekomendasi harian vitamin C, sehingga cocok dijadikan rekomendasi camilan rendah kalori yang baik untuk diet.
Mangga potong beku dapat dibeli maupun dibuat sendiri. Mangga tinggi akan kandungan serat dan beta-karoten, yang rasanya juga lezat.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com