Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2021, 20:17 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Mengonsumsi buah rendah kalori tak hanya membantu mengisi perut di tengah waktu makan, tetapi juga mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Meski secara umum semua buah baik untuk kesehatan, beberapa buah lebih rendah kalori daripada yang lainnya.

Selain itu, meski buah rendah kalori, bukan berarti kita bisa memakannya secara berlebihan bersama makanan tinggi kalori lainnya.

Idealnya, jadikan buah sebagai alternatif camilan sehat untuk menggantikan camilan tidak sehat, seperti makanan olahan dan tinggi garam.

Baca juga: 5 Jenis Buah untuk Menurunkan Kolesterol

Buah rendah kalori untuk diet

Berikut pilihan buah rendah kalori untuk camilan ketika diet:

1. Apel

Apel adalah salah satu buah rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet. Menurut MedicineNet, satu buah apel ukuran besar mengandung sekitar 116 kalori dan mengandung sekitar 5,4 gram serat.UNSPLASH/AARON BLANCO TEJEDOR Apel adalah salah satu buah rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet. Menurut MedicineNet, satu buah apel ukuran besar mengandung sekitar 116 kalori dan mengandung sekitar 5,4 gram serat.
Apel adalah salah satu buah rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet. Menurut MedicineNet, satu buah apel ukuran besar mengandung sekitar 116 kalori dan mengandung sekitar 5,4 gram serat.

Apel membantu kita merasa kenyang, sehingga kita tidak ngidam makanan tinggi kalori lainnya. Satu buah apel membantu kita merasa tiga kali lebih kenyang daripada ngemil cokelat batang.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Apel, Termasuk Bantu Turunkan Berat Badan

2. Blueberry

Satu cangkir blueberry ukuran 148 gram hanya mengandung 85 kalori. Itulah mengapa, blueberry dapat menjadi pilihan buah rendah kalori.SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Satu cangkir blueberry ukuran 148 gram hanya mengandung 85 kalori. Itulah mengapa, blueberry dapat menjadi pilihan buah rendah kalori.
Satu cangkir blueberry ukuran 148 gram hanya mengandung 85 kalori. Itulah mengapa, blueberry dapat menjadi pilihan buah rendah kalori.

Para peneliti membuktikan bahwa blueberry menyediakan antioksidan tinggi dibandingkan buah lainnya, seperti pisang dan apel.

Departemen Pertanian AS (USDA) mengestimasikan satu cangkir blueberry mengandung sekitar 14,6 miligram vitamin C, membuatnya sebagai sumber antioksidan yang baik sekaligus camilan rendah kalori.

Baca juga: 4 Bahan Makanan untuk Pewarna Biru Alami, Bunga Telang sampai Blueberry

3. Stroberi

Stroberi juga merupakan salah satu buah rendah kalori. Porsi 152 gram stroberi memiliki tak sampai 50 kalori dan kaya akan serat, vitamin C, dan mangan.Unsplash/Monika Grabkows Stroberi juga merupakan salah satu buah rendah kalori. Porsi 152 gram stroberi memiliki tak sampai 50 kalori dan kaya akan serat, vitamin C, dan mangan.
Stroberi juga merupakan salah satu buah rendah kalori. Porsi 152 gram stroberi memiliki tak sampai 50 kalori dan kaya akan serat, vitamin C, dan mangan.

Baca juga: 5 Manfaat Stroberi, Termasuk Membantu Turunkan Berat Badan

4. Kiwi

Buah rendah kalori lainnya adalah kiwi. Buah dengan kulit berbulu halus itu hanya memiliki 42 kalori per porsi 69 gram.FREEPIK Buah rendah kalori lainnya adalah kiwi. Buah dengan kulit berbulu halus itu hanya memiliki 42 kalori per porsi 69 gram.
Buah rendah kalori lainnya adalah kiwi. Buah dengan kulit berbulu halus itu hanya memiliki 42 kalori per porsi 69 gram.

Kiwi tinggi kandungan vitamin C dan E, folat, serta serat.

Baca juga: 5 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan, Bisa untuk Atasi Asma

5. Melon

Melon tak hanya lezat tetapi juga merupakan salah satu pilihan buah rendah kalori.PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Melon tak hanya lezat tetapi juga merupakan salah satu pilihan buah rendah kalori.

Melon tak hanya lezat tetapi juga merupakan salah satu pilihan buah rendah kalori.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com