Kompas.com - 11/11/2021, 10:39 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Siapa yang hobi menantikan tanggal-tanggal cantik kembar setiap bulannya, seperti tanggal 11.11 ini misalnya?

Ya, tak sedikit masyarakat Indonesia yang rela menyisakan uang gaji mereka untuk berbelanja di tanggal-tanggal cantik setiap bulannya.

Sebab, biasanya di tanggal-tanggal kembar seperti itu, berbagai marketplace dan toko daring memberi promo dan diskon besar-besaran nan menggiurkan.

Sayangnya, terkadang diskon-diskon ini malah membuat kita kalap dan semakin boros, bukannya bertambah hemat.

Jika sudah begini, perlu waspada, jangan sampai kita terkena gangguan kontrol impuls dan kecanduan perilaku, yang mungkin berkaitan dengan gangguan obsesif kompulsif (OCD).

Biasanya, mereka yang mengalami gangguan yang disebut compulsive buying disorder ini tak mampu menahan diri untuk membeli barang meski paham konsekuensi negatifnya.

Berikut karakteristik dari compulsive shopping disorder:

  • Kesulitan menahan membeli barang yang tidak dibutuhkan
  • Kesulitan keuangan karena belanja yang tidak terkendali
  • Sibuk berbelanja barang-barang yang tidak dibutuhkan
  • Masalah di tempat kerja, sekolah, atau rumah karena belanja yang tidak terkendali
  • Menghabiskan banyak waktu untuk meneliti barang-barang yang didambakan dan/atau berbelanja barang-barang yang tidak dibutuhkan

Untuk dikategorikan sebagai compulsive buying disorder, perilaku belanja kompulsif yang terjadi tidak bisa diasosiasikan dengan kondisi kesehatan mental lainnya seperti hypomania atau mania dengan bipolar disorder.

Sayangnya, compulsive shopping rupanya sulit didiagnosa, karena tidak terdaftar di Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5).

Sudah terbukti cukup banyak orang yang melakukan belanja kompulsif sebagai mekanisme koping untuk menutupi emosi sulit seperti stres, kecemasan, dan self-esteem rendah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.