Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat dan Risiko Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Kompas.com - 11/11/2021, 15:22 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Menghilangkan jerawat dengan bawang putih mungkin dapat menjadi alternatif praktis dan murah ketika kita punya masalah jerawat yang mengganggu.

Bawang putih sendiri sudah digunakan sebagai obat selama berabad-abad, meskipun baru ada sedikit studi yang membuktikan manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih dimungkinkan karena sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik dari allicin yang terkandung dalam tanaman umbi ini.

Menurut Healthline, allicin membantu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Kondisi ini memungkinkan kulit menerima lebih banyak nutrisi.

Faktanya, menurut Medical News Today, belum ada studi yang secara khusus menginvestigasi penggunaan bawang putih sebagai perawatan jerawat.

Namun, beberapa penelitian pernah menggarisbawahi sifat antimikroba dan anti-peradangan dari bawang putih yang dapat membantu merawat jerawat

Selain itu, bawang putih juga mengandung tiosulfinat yang bertindak sebagai antimikroba.

Banyak orang meyakini menggunakan bawang secara teratur dapat membersihkan kulit.

Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat membantu memerangi jerawat, seperti vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng, yang digunakan untuk mengontrol zat berminyak.

Beberapa penelitian juga menunjukkan manfat bawang putih termasuk karen sifat anti-inflamasinya. Khasiat ini dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Namun, dokter kulit tersertifikasi badan dan co-founder LM Medical NYC, Morgan Rabach, MD mengatakan, makan bawang putih tidak akan membuat jerawat atau beruntusan yang ada langsung hilang. Tapi, bawang putih dapat membantu mengurangi risiko jerawat dan beruntusan di kemudian hari.

Baca juga: 11 Penyebab Jerawat, Stres hingga Salah Pakai Skincare

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih bisa dilakukan secara topikal maupun dikonsumsi.PIXABAY/JACQUELINE MACOU Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih bisa dilakukan secara topikal maupun dikonsumsi.

Beberapa cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang dapat dicoba, antara lain:

1. Menggunakan secara topikal

Haluskan 3 hingga 4 siung bawang putih dan oleskan langsung ke area yang terkena, lalu biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan dengan lembut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com