Kompas.com - 11/11/2021, 16:27 WIB

KOMPAS.com – Gula memang diperlukan tubuh untuk memberikan energi, termasuk bagi anak-anak. Namun jika dikonsumsi berlebihan, tentu memiliki dampak yang kurang baik, seperti dapat membuat gigi berlubang dan rusak, obesitas, hingga meningkatkan risiko diabetes.

Untuk itu, para orang tua perlu mengawasi asupan gula tambahan yang dikonsumsi anak agar berbagai dampak buruk itu tak terjadi. Namun, bagaimana sebaiknya cara orang tua membatasi asupan gula tambahan anak?

Nah, mungkin trik dari aktris Zee Zee Shahab bisa membantu kita.

“Anakku apalagi yang paling besar, itu nggak suka makan makanan manis ya. Susu coklat, iya, tapi dia nggak terlalu suka makan makanan kayak permen begitu. Lebih suka air putih,” ujar Zee Zee dalam webinar Peluncuran Milo Less Sugar pada Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Virtual Running karena Masa Pandemi, Zee Zee Shahab Mengaku Rindu Suasana Marathon di Luar Negeri

Dia mengatakan, sejak kecil sudah membiasakan anak-anaknya untuk tidak makan gula berlebihan.

"Kalau mau makan makanan manis, ya sebagai reward saja,” tambahnya.

Zee Zee sebenarnya merasa kalau ia sedikit “galak” dengan menetapkan kebiasaan itu. Namun di saat yang sama, ia mengaku puas karena dengan cara itu anaknya paham kalau mengonsumsi gula berlebih itu tidak baik.

“Mungkin agak galak ya, tapi sebagai orang tua kan ingin yang tebaik. Tapi aku senang sih, karena sampai sekarang akhirnya anaknya sudah berusia sembilan tahun dia tahu kalau nggak boleh terlalu banyak konsumsi gula,” katanya.

Olahraga rutin

Tak cukup hanya membatasi asupan gula di keluarganya, Zee Zee juga berusaha mengurangi dampak buruk konsumsi gula berlebih dengan membiasakan anak dan keluarganya untuk berolahraga.

“Kita kan harus bergerak aktif ya agar tetap sehat dan mengurangi dampak buruk konsumsi gula berlebih. Jadi, aku sih punya challenge sendiri,” ujarnya.

Challenge-nya itu, aku membiasakan anak-anak aku untuk bebas memilih olahraga apa saja yang dia mau, misalnya lari, berenang, atau apa saja, selama tiga hari dalam satu minggu, nanti olahraga bareng aku. Pokoknya, satu minggu harus tiga kali ada latihan fisik deh,” pungkasnya.

Baca juga: Awalnya Tak Suka Lari, Zee Zee Shahab Pernah Ikut Tokyo Marathon

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.