Kompas.com - 11/11/2021, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Ketika bicara soal merawat hewan peliharaan, sebagian orang mungkin bertanya-tanya seberapa sering kucing boleh dimandikan?

Mandi adalah salah satu perawatan yang diberikan pemilik pada kucing peliharaannya. Ketika memelihara hewan peliharaan berbulu, merawat bulunya adalah hal penting.

Ini dilakukan tak hanya agar bulunya tetap tampak cantik, tapi juga berfungsi dengan baik.

Menurut AnimalPath, merawat bulu kucing juga penting untuk menjaga hewan berbulu ini dari panas maupun dingin, serta memastikannya mendapatkan perawatan kesehatan dan kesejahteraan.

Baca juga: 6 Makanan Manusia yang Aman Dikonsumsi Kucing, Apa Saja?

Perlukah kucing dimandikan?

Sebelum menuju pada jawaban atas pertanyaan seberapa sering kucing boleh dimandikan, penting untuk diketahui bahwa kucing sebetulnya sudah belajar menjilati tubuhnya sendiri sejak usianya sekitar dua hingga empat minggu.PIXABAY/TOOKAPIC Sebelum menuju pada jawaban atas pertanyaan seberapa sering kucing boleh dimandikan, penting untuk diketahui bahwa kucing sebetulnya sudah belajar menjilati tubuhnya sendiri sejak usianya sekitar dua hingga empat minggu.
Sebelum menuju pada jawaban atas pertanyaan seberapa sering kucing boleh dimandikan, penting untuk diketahui bahwa kucing sebetulnya sudah belajar menjilati tubuhnya sendiri sejak usianya sekitar dua hingga empat minggu.

Kucing dewasa bahkan menghabiskan hingga 50 persen waktu bangunnya untuk merawat diri. Tapi, kucing tetap perlu mandi.

Menurut The Spruce Pets, mandi membantu merangsang kulit dan menghilangkan minyak berlebih, ketombe, dan rambut rontok.

Mandi juga memberikan kesempatan untuk mengajari kucing bahwa sahabat berbulu kita itu ditangani dengan cara yang tidak akan menyakiti mereka.

Memandikan kucing perlu dilakukan oleh dokter hewan, teknisi dokter hewan, atau setidaknya oleh pengasuhnya di rumah.

Memberikan pengalaman mandi yang menyenanhkan akan membantu kucing mengenali peristiwa tersebut sebagai situasi menyenangkan di masa depan.

Baca juga: Apa Itu Catnip? Tanaman yang Bikin Kucing Mabuk

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.