Kompas.com - 12/11/2021, 06:09 WIB

KOMPAS.com - Cara menguatkan mental bisa berbeda pada setiap individu. Namun, penting untuk dipahami bahwa memiliki mental yang kuat bisa menjadikan kita individu yang lebih baik seiring waktu.

Memiliki mental yang kuat akan membantu kita lebih mudah mencapai target kehidupan.

Menurut Inc, beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memiliki mental yang kuat antara lain memiliki kepuasan hidup lebih besar, meningkatkan performa dalam menjalani aktivitas, dan lebih tahan terhadap berbagai tantangan hidup.

Baca juga: 35 Kumpulan Kata-kata Motivasi Hidup untuk Lebih Semangat dan Sukses

Cara menguatkan mental

Bagaimana cara menguatkan mental untuk diri sendiri?

Hal ini lebih mudah diucapkan daripada dipraktikkan, namun bukan berarti tidak mungkin.

1. Mengucapkan hal baik pada diri sendiri

Salah satu cara menguatkan mental adalah secara rutin mengucapkan hal baik pada diri sendiri dan buat komitmen untuk mengurangi kata-kata negatif.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Salah satu cara menguatkan mental adalah secara rutin mengucapkan hal baik pada diri sendiri dan buat komitmen untuk mengurangi kata-kata negatif.
Menurut Lifehack, salah satu cara menguatkan mental adalah secara rutin mengucapkan hal baik pada diri sendiri dan buat komitmen untuk mengurangi kata-kata negatif.

Pada awalnya, hal ini mungkin terasa konyol. Namun, cobalah memikirkan kita akan lebih kuat dan lebih baik setiap harinya jika melakukan kebiasaan baik ini setiap hari.

Pada akhirnya, kita juga akan lebih mudah mencapai target kehidupan.

Baca juga: Kalimat-kalimat Positif untuk Anak Bantu Bangkitkan Rasa Percaya Diri

2. Tidak berhenti ketika merasa takut

Kebiasaan lain yang menjadi salah satu cara menguatkan mental adalah tidak berhenti ketika kita menghadapi ketakutan.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Kebiasaan lain yang menjadi salah satu cara menguatkan mental adalah tidak berhenti ketika kita menghadapi ketakutan.
Kebiasaan lain yang menjadi salah satu cara menguatkan mental adalah tidak berhenti ketika kita menghadapi ketakutan.

Ini adalah hal yang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Memang, pada posisi tertentu, memikirkan untuk terus melangkah ke depan adalah hal yang mengerikan dan tidak nyaman. Namun, orang-orang dengan mental kuat akan melakukan itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.