Kompas.com - 12/11/2021, 08:49 WIB
Salah satu manfaat buah melon termasuk melancarkan pencernaan. SHUTTERSTOCK/SEASONTIMESalah satu manfaat buah melon termasuk melancarkan pencernaan.


KOMPAS.com - Wasir atau hemoroid memang tidak selalu menimbulkan keluhan, tetapi bila muncul keluhan penderita akan merasa tidak nyaman, bahkan nyeri dan perdarahan. Kondisi ini tentu sangat mengganggu aktivitas penderita wasir yang umumnya berusia produktif.

Tergantung dari keparahan, namun wasir harus diobati agar tidak bertambah parah.

Beberapa gejala yang membutuhkan tindakan adalah munculnya perdarahan saat BAB, ambien membengkak, hingga rasa nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pada gejala wasir yang parah biasanya dokter menyarankan dilakukannya tindakan operasi. Namun, saat ini sudah ada teknologi non-bedah untuk mengatasi hemoroid, yaitu dengan ultransonik dan radio frekuensi.

Dijelaskan oleh dokter spesialis bedah Tony Sukentro, metode ini tidak memerlukan proses penjahitan.

“Teknik ini mampu mengatasi wasir dengan teknik minimal invasif atau tanpa pisau bedah, kemampuan penyembuhan yang jauh lebih cepat tanpa rasa sakit akibat pengaruh operasi, luka yang minimal, dan tidak mempergunakan arus listrik karena mempergunakan getaran ultrasonik," kata dokter dari ST Wasir Center Jakarta ini.

Dengan metode ini aliran darah ke anus juga bisa berkurang dan membantu hemoroid kempes dengan sendirinya. Bahkan pasien tidak perlu dibius total.

"Proses ini bisa dilakukan untuk menangani semua derajat keparahan satu hingga empat," kata dokter yang telah menangani lebih dari 1000 kasus operasi ini.

Baca juga: Dampak yang Terjadi Jika Wasir Dibiarkan Tak Diobati

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.