Kompas.com - 12/11/2021, 09:07 WIB

KOMPAS.com - Selamat Hari Ayah Nasional!

Tanggal 12 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Ini berbeda dengan Hari Ayah Sedunia yang jatuh pada 20 juni.

Masing-masing negara punya tanggal perayaan Hari Ayah, termasuk Indonesia. Namun, beberapa negara memiliki tanggal perayaan Hari Ayah yang juga jatuh pada 20 Juni, seperti Argentina, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Chili, Kolombia, Perancis, Irlandia, dan lainnya.

Baca juga: 4 Ide Hadiah Sederhana untuk Merayakan Hari Ayah

Sejarah Hari Ayah Nasional

Gagasan Hari Ayah Nasional datang dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo.

Semula, Hari Ayah Nasional disebut Hari Bapak Nasional.

Perkumpulan menilai perlu ada Hari Bapak atau Hari Ayah karena mengikuti adanya peringatan Hari Ibu dan Hari Anak yang sudah lama ada.SHUTTERSTOCK Gagasan Hari Ayah Nasional datang dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo. Semula, Hari Ayah Nasional disebut Hari Bapak Nasional. Perkumpulan menilai perlu ada Hari Bapak atau Hari Ayah karena mengikuti adanya peringatan Hari Ibu dan Hari Anak yang sudah lama ada.
Menurut arsip Harian Kompas edisi 10 Oktober 2006, gagasan Hari Ayah Nasional datang dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo.

Semula, Hari Ayah Nasional disebut Hari Bapak Nasional.

Perkumpulan menilai perlu ada Hari Bapak atau Hari Ayah karena mengikuti adanya peringatan Hari Ibu dan Hari Anak yang sudah lama ada.

Saat itu, Ketua Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo, Gress Raja mengatakan, Hari Bapak dinilai perlu karena bapak adalah bagian dari keluarga dan perannya tak boleh diremehkan.

"Bapak dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kita butuh keduanya sebagai keseimbangan kesadaran kita sebagai anak," kata Gress, seperti seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com (12/11/2021).

Namun, Gress bercerita, gagasan itu tercetus beberapa tahun sebelumnya, ketika muncul pertanyaan dari seorang peserta lomba menulis surat untuk ibu di perayaan Hari Ibu.

Peserta tersebut menanyakan mengenai kapan ada lomba menulis surat untuk bapak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.